Skip to main content

Cara Praktis Transfer Uang Lewat m-BCA baik Antar Rekening, Ke Bank Lain atau dengan Virtual Account

Cara Praktis Transfer Uang Lewat m-BCA baik Antar Rekening, Ke Bank Lain atau dengan Virtual Account
myavitalia.com - Istilah sekarang " Dunia ada ditangan anda" hampir mutlak adanya. hampir semua informasi dan transaksi bisa dilakukan hanya dengan duduk memegang HP, dan semua bisa anda lakukan dan dapatkan.

Salah satu manfaat yang dirasakan dari istilah tersebut adalah transaksi perbankan, seperti pengiriman / transfer uang untuk segala keperluan bisa dilakukan melalui HP yang anda pegang, tanpa perlu harus datang ke teller atau mesin ATM yang mungkin bisa saja jauh dari tempat tinggal anda.

Bank BCA sebagai  salah satu bank yang besar di Indonesia, telah memberikan layanan transaksi tersebut yang bisa dilakukan cukup melalui HP android ataupun iOS yang anda miliki, dengan aplikasi yang dimilikinya yaitu BCA Mobile

Dengan BCA Mobile yang sudah di download di HP smarthphone anda, anda bisa melalukan banyak transaksi perbankan dari Bank BCA, yang termasuk di dalamnya adalah transfer uang kepada pihak lain dengan tiga kategori yaitu transfer antar rekening Bank BCA, Antar Bank di Indonesia, dan melalui Virtual Account BCA.

Untuk caranya sendiri sangat mudah: untuk transfer ke nomer rekening, pertama kali cukup daftarkan nomor tujuan yang akan ditansfer, selanjutnya, masukkan nominal, dan klik OK, untuk perintah pengiriman uang tersebut. Atau bila melalui Virtual Account (VA): anda cukup menginput no VA tersebut dan selanjutnya "OK" untuk mengirim dana yang akan di transfer tersebut.

Namun jika anda merasa kurang paham akan langkah transfer melalui m-BCA, berikut langkah demi langkah untuk melakukan transfer tersebut.

# Cara transfer melalui mobile Banking m-BCA - Transfer antar sesama Rekening Bank BCA


1. Masuk Mobile BCA dengan pilihan m-BCA

2. Selanjutnya, setelah masuk ke bagian Beranda (Home) M-BCA, silahkan pilih menu "m-transfer"



3. Untuk proses tansfer ini, bagi nomer rekening yang baru pertamakali akan menerima transferan dari rekening anda, nomer tersebut harus sudah terdaftar terlebih dahulu pada List daftar transfer.

Jika belum terdaftar, anda tidak bisa melakukan transfer tersebut, karena nomer tersebut tidak akan muncul pada list daftar transfer yang tersedia.

3.  Rekening Baru, selanjutnya daftarkan terlebih dahulu pada menu

  • Daftar transfer ---> Antar rekening
  • Masukkan atau ketik nomer rekening BCA pada baris 1 (No. Rekening tujuan)
  • tekan tombol "Send" pada pojok kanan  atas
  • Masukkan Pin m-BCA"
  • Setelah memasukkan Pin BCA -> sistem secara otomatis akan memberikan sebuah perintah untuk mengirimkan SMS verifikasi ke  no. 69888 berupa nomor refrensi serta tanggal dan jam pengiriman --> silahkan kirim saja.

  • dengan terkirimnya sms tersebut, nomer rekening akan muncul, selanjutnya centang (✔) pada lingkaran biru di sebelah kanan keterangan nomer dan nama rekening tersebut.
  • terakhir, pilih tombol "send" pada pojok kanan atas, yang kemudian akan muncul notifikasi keberhasilan nomer tersebut untuk didaftarkan "no. Rekening Tujuan BCA berhasil didaftarkan. no rekening tujuan otomatis tampil di daftar transfer menu transfer antar rekening"


4. Langkah ke empat ini adalah langkah lanjutan dari nomer 3 jika nomer tujuan adalah nomer baru, atau langkah empat ini adalah lanjutan langkah dari nomer 2 jika nomer rekening sudah terdaftar sebelumnya atau untuk proses tranferkan ke dua dan seterusnya.

setelah langkah 2 atau 3 barulah kita dapat melanjutkan untuk proses transfer lanjutan, dengan memilih menu m-transfer  ---> Transfer ---> antar rekening



5. pada jendela rincian pilihan nomer rekening dan jumlah uang, dan berita, silahkan diisi:

"ke rekening" anda ketuk maka akan muncul pilihan list daftar nomer rekening. pilih salah satu yang akan di tuju.


di bawah baris " jumlah uang" pada samping satuan mata uang (Rp) silahkan ketuk dan isi dengan nomilan yang akan ditransfer.

"Berita" merupakan isian yang optional bisa diisi atau tidak sesuai kebutuhan

6. setelah semua diisi, baik nomer rekening dan nominal, silahkan pilih tombil "send" yang terdapat pada pojok kanan atas aplikasi.

7. dan selanjutnya anda akan mendapatkan rincian yang akan di transfer. Jika dirasa sudah benar silahkan klik saja "OK", maka notifikasi keberhasilan transfer akan muncul.



 8. Proses selesai dan berhasil. Untuk bukti transfer biasanya akan masuk ke Inbox di menu m-tranfer.


# Cara transfer melalui mobile Banking m-BCA - Transfer ke Bank Lain

Untuk cara transfer ke bank lain yang ada di indonesia seperti Transfer ke Bank BNI,Bank BRI, Bank Mandiri, Bank Sumsenbabel, dan bank yang lainnya, prosesnya hampir sama dengan transfer antar rekening BAnk BCA, untuk lebih jelasnya, berikut langkah yang dapat diikuti

1. Masuk ke menu m-transfer.

2. Untuk nomer rekening baru, silahkan daftarkan terlebih dahulu hampir smaa dengan langkah daftar rekening sesama BCA. m-transfer --> Daftar Bank

Pada pengisian nama bank dan nomer rekening. 
  • Isi field "nomer rekening tujuan" denga nomer rekening bank lain yang akan di tuju
  • Ketuk dan pilih field "Bank" dengan daftar nama bank yang akan dituju.

  • Klik / Ketuk "send" pada pojok kanan atas ---> masukkan pin m-BCA.  Maka, sistem akan secara otomatis memberikan sebuah format "SMS" verifikasi yang harus dikirim ke Nomer bca: 69888, segera kirim saja format sms tersebut.

  • Dengan terkirimnya SMS tersebut, proses verifikasi akan berlanjut yang nampak selanjutnya pada aplikasi m-BCA, muncul informasi nama dan nomer bank yang akan ditambahkan tersebut.
  • Pada pada sisi kanan info nama dan nomer rekening tadi, silahkan pilih ceklist / centang (✔)  dan ketuk " send" 

  • dengan begitu, proses pendaftaran tujuan transfer bank lain berhasil dengan munculnya sebuah notifikasi tanda berhasil untuk pendaftaran tersebut. pilih "OK"
3. Untuk langkah proses transfer ke bank lain, dapat dilanjutkan dengan kembali memilih pada m-transfer ---> Transfer ---> Antar bank

4. Kemudian field "Bank" pilih dengan Nama bank
 Field "ke Rekening Tujuan" pilih dengan nomer rekening yang dituju yang terdapat pada daftar trasfer yang tersedia
field " Jumlah uang" isikan dengan nominal yang akan ditransfer.

jika data sudah disis dan dirasa benar, selanjutnya tekan "Send"

5. dengan menekan "send" tadi, maka notifikasi berupa keterangan data yang akan dikirim akan muncul, Pilih "OK"---> Masukkan Pin m-BCA



6. Transaksi berhasil, dengan terlihatnya notifikasi keberhasilan tranfer tersebut. "OK"


# Cara transfer melalui mobile Banking m-BCA - Transfer dengan virtual Account BCA

Nomer virtual (VA) BCA adalah sebuah nomor identifikasi pelanggan perusahaan tertentu yang dibuka oleh Bank atas permintaan perusahaan tersebut untuk diberikankepada pelanggannya (perorangan maupun non perorangan) sebagai No Rekening Tujuan penerimaan (collection).

Nomer VA ini biasanya sering kita temui untuk model-model tranfer toko online seperti Toko pedia, Shopee, atau banyak perusahaan lain untuk memudahkan identifikasi untuk setiap transaksi yang dilakukan oleh banyaknya pelanggan dengan jenis transaksi yang tertentu.

Di m-BCA untuk melakukan poses transfer ke VA sangat mudah sekali, bahkan prosesnya tidak perlu mendaftarkan terlebih dahulu VA tersebut, seperti pada tranfer ke nomer rekening pada umumnya.

Untuk caranya anda dapat ikuti langkah berikut ini.

1. Pada aplikasi BCA Mobile silahkan masuk ke m-BCA --> m-transfer ---> transfer ---> BCA Virtual account




2. selanjutnya pada data pengisian BCA VA yang akan dituju.
Input No. Virtual account : silahkan masukkan no VA yang dituju.
Jika anda ingin menyimpannya bisa ceklis  (✔) pada keterangan "simpan kedaftar Transfer", hak tersebut untuk memudahkan bila anda ingin transfer kembali dikemudian hari dengan VA yang sama, and atidak perlu input msecara manual kembali.

Jika anda tidak ingin menyimpannya sebagai daftar tranfer VA, anda tidak perlu Ceklist (✗✔) "simpan kedaftar Transfer"

selanjutnya ketuk "OK"



3. Jika anda yakin data yang dimasukkan sudah benar silahkan langsung saja kembali ketuk tombol "send" pada pojok kanan atas, selanjutnya masukkan PIN m-BCA.


4.  Transaksi berhasil. Maka akan muncul notifikasi atau laporan keberhasilan. "OK"

Untuk semua tanda bukti atau laporan keberhasilan proses transfer baik itu antar rekening, antar bank maupun transaksi VA, anda dapat melihatnya pada menu m-Transfer---> inbox.



Itulah langkah-langkah untuk melakukan tranfer keuangan BCA melalui aplikasi Mobile Banking BCA.


Semoga berguna dan bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar