Dahsyat dan Mendunia !! - Lirik Lagu Soleram, Beserta Makna, Not Angka dan Chordnya

myavitalia.com -  Soleram.. soleram.....  siapa sih yang tak kenal lagu ini. Lagu mendayu, asik, gampang dicerna dan diingat karena liriknya yang pendek dengan rima pantunnya menarik, membuat lagu ini dikenal bukan hanya di Indonesia saja bahkan telah dikenal dan banyak dinyanyikan di berbagai negara.

Bahkan yang tak kalah fenomenalnya, Lagu Soleram sempat menjadi sebuah polemik perebutan hak cipta dengan negara tetangga kita yaitu Malaysia

Lagu soleram "Suriram" pernah dinyayikan oleh penyanyi Malaysia "Katina" dalam albumnya "Senandung Lagu Lama" pada tahun 1976. Juga selain itu dinyayikan juga oleh penyanyi Malaysia Lainnya "Dayang Nurfaizah" pada tahun 2007 dan diklaim punya Malaysia.

Padahal lagu Soleram telah menyebar dan dinyayikan oleh penyanyi luar sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu sebelum banyak dinyanyikan di Malayisa, dan secara gamblang juga mereka memberikan refrensi bahwa lagu tersebut berasal dari Indonesia.



Pada kisaran tahun 1972, Miriam Makeba penyanyi Afrika menyanyikannya dengan apik walaupun cengkoknya yang agak berbeda sedikit karena bukan lidah melayu,

"Suliram, suliram, ram, ram. Suliram yang manis. Adu hai indung suhooran.Bidjaklah sana dipandang manis …"

Tidak hanya di situ saja, lagu yang terkenal dengan sebutan lagu pengantar tidur ini juga dinyanyikan oleh group musik dengan nama  The weavers, kelompok asal New York, Amerika Serikat yang terbentuk tahun 1948.

Lagu Soleram oleh The Weavers tersebut ternyata dibawakan bersama lagu lainnya dalam Album  “Goodnight Irene” rilisan 1949-1953. Dan dalam akun youtube, mereka mempromosikan lagu tersesbut dengan sebuah judul  “Suliram” (Indonesian Lullaby)The weavers .

Selanjutnya dari seorang Pemusik, produser, penulis buku dan pencipta lirik/musik itu asli Hannover yaitu Ulrich Maske juga menggemakan lagu ini dalam albumnya yang disandingkan dengan lagu-lagu asal negara-negara yang lain seperti Suliran (Soleram?), lagu dari Ceko, Hungaria, Inggris,Perancis,Pueto Rico, Amerika Serikat, Jerman, Irlandia dan masih banyak folk songs lainnya

Ketenaran dan gemanya diluar Indonesia pun tidak hanya sampai disitu saja, pernah pada tahun 2012 lalu lagu Soleram dibawakan dalam sebuah acara konser terbuka Sing and joy Vienna, di Gereja Votiv Wina, Austria.
Lalu juga tak ketinggalan dari dari seorang penulis lagu dan sekenario dari Amerika juga mencoba membawakan lagu ini dalam youtube dengan judul "Indonesian Suliram Lullaby Go to sleep-sung by Connie Lee" pada tahun 2010.

Selain itu masih banyak lagi yang mencoba membawakannnya.. Lalu bagaimana dengan ussi di Indonesia?

Di Indonesia sendiri sebagai pemilik lagu tersebut, juga mempopulerkan dengan masuk dengan memasukkan lagu tersebut dalam isi salah satu mata pelajaran seni dan budaya.

Selain itu kelompok musik Musik D'lloyd juga ikut meramaikannya dengan menyayikan lagu ini dalam salah satu albumnya.

Wow... dari itu semua kita harus bangga memiliki lagu daerah asal Riau ini dapat mendunia. Maka jangan segan segan, kita sebagai warga negara Indonesia menularkan lagu-lagu daerah yang kita miliki ke anak-anak kita.

Makna Lagu "Soleram"

Ketenaran dan kepopuleran lagu Soleran selain memiliki gaya irama yang pendek dan mudah diingat, ternyata hal tersebut juga tidak lepas juga dari sebuah makna yang terkandung dari lagu tersebut.

Dalam lirik baris demi baris, lagu yang tidak diketahui penciptanya ini ternyata memiliki sebuah pesan atau amanat dari orang tua untuk anak-anaknya sebagai pesan pengantar tidur. ataupun secara umum pesan bagi kaum muda pada umumnya.

Pesan moral yang dapat di ambil adalah sebuah amanat agar kita semua untuk selalu menjaga kehormatan yang kita miliki dan senantiasa menjada atau mampertahankan  "malu" sebagai budaya, pesan ini tersirat dalam dalam lirik bait pertama.

Dan pesan berikutnya adalah sebuah pesan bagi kita bangsa Indonesia yang bhineka dan majemuk dengan segala perbedaan yang ada untuk terus menjalin tali persaudaraan jangan sampai terpecah-pecah karena perbedaan tersebut, melainkan perbedaan adalah sumber kekayaan untuk terus berkembang dan menjadi kaya dalam persaudaraan.

Jika anda mendapatkan sesuatu yang baru (sukses , lingkungan baru, budaya baru, atau yang lainnya) janganlah menjadi seseorang yang lupa akan asal usul jati dirinya. Makna dan pesan ini merupakan tuangan makna dari lirik yang terdapat dalam bait selanjutnya.

Lirik Lengkap Lagu "Soleram"

Setelah kita bahas sekilas tentang kedahsyatan lagu ini bisa sampai pada dunia luar dan makna yang terkandung di dalamnya. Berikut Lirik Lengkap lagu soleram yang berasal dari daerah Riau ini:

Soleram soleram soleram anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merahlah pipinya

Satu dua tiga dan empat
Kalau tuan dapat kawan baru
kawan lama dilupakan jangan
Kalau tuan dapat kawan baru
kawan lama dilupakan jangan

(tambahan optional)
Jalan-jalan ke pasar baru
jangan lupa belilah roti
Ini lagu jaman tempo dulu tuan
Mungkin sekarang dikenang kembali
Ini lagu jaman tempo dulu tuan
Mungkin sekarang dikenang kembali



Not Angka dan Chord Lagu " Soleram"




Informasi Umum Lagu "Soleram"

Asal Lagu  : Riau
Judul Lagu: Soleram
Pencipta Lagu : NN
Nada Dasar yang sering biasa dipakai : DO = D
Birama : 4/4
Tempo Lagu: Andante

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Dahsyat dan Mendunia !! - Lirik Lagu Soleram, Beserta Makna, Not Angka dan Chordnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel