Cara Simpel Mengetahui Berapa Bit (64Bit 32Bit) Prosesor HP Kita dengan Aplikasi Super Ringan

myavitalia.com - Teknologi Handphone terus berkembang hingga saat ini, banyak Aplikasi-apikasi berkualitas dengan kapasitas yang tinggi pun mewarnai perkembangan dalam teknologi handphone, sehingga Handphone sudah seperti komputer yang mini. Segala informasi dan layanan dapat di akses melelui HP smarthpone/android anda.

Sebuah aplikasi yang semakin cangih dengan kapasitas yang lebih besar, maka proses sebuah ruang untuk proses penyimpanan data pun diperlukan sebuah ruang yang luas pulas agar sebuah aplikasi tersebut dapat berjaan dengan baik.

Salah satu pendukung sebuah aplikasi atau sistem operasi berjalan dengan baik adalah sebuah prosesor, sehingga prosesor pun diperlukan kualitas yang baik pula.

Salah satu bagian dari prosesor yang menjadi perhatian saat ini adalah sebiah tipe Bit yang dimiliki.


Prosesor baik untuk komputer maupun yang terdapat dalam smartpone memiliki 2 jenis yaitu Tipe 32 bit dan 64 bit .

"Bit" disini diartikan sebagai satuan paling kecil dalam penyimpanan data atau informasi digital pada prosesor hp anda.

Banyak sekarang ini, Hp keluaran baru menggunakan sebuah prosesor dengan tipe 64 bit dan mulai perlahan pastinya akan meniggalkan tipe 32 bit.

Mengapa demikian?

Meninjau dari kegunaan dan kualitas yag dimiliki jelas prosesor yang terdapat dalam smarthpone anda, ternyata adalah prosesor 64bit lebih unggul dari prosesor 32bit.

Prosesor 64 bit memiliki kapasitas lebih besar dari 32 bit dalam hal penyimpanan data yang terdapat dalam registry prosesor tersebut.

Prosesor 64 bit dapat menyimpan kurang lebih sekitar 18 milyar data yaitu sekitar 4.5 kali besarnya dari yang 32 bit hanya dapat menyimpan sekitar 4 milyar data digital saja.

Registry prosesor merupakan sebuat tempat penyimpanan data informasi yang terdapat dalam prosesor smarthpone, semakin besar bit yang dimiliki, maka akan semakin besar pula kemampuan untuk memprosesnya.

Bila dikaitkan dengan keberadaan RAM, prosesor 32 bit hanya dapat memanfaatkan RAM sebesar 4 GB, sedangkan untuk prosesor 64 bit dapat support mencapai ram hingga 8 GB.

Namun dengan perkembangan perubahan tersebut, saat ini tetap masih banyak juga hp-hp yang menggunakan 32 bit, karena melihat faktor-faktur pendukung lainnya yang mungkin belum perlu memakai yang 64 bit.

Nah, Kira-kira saat ini HP atau Smartphone kamu mamakai Prosesor tipe yang mana? 32 Bit (x86) atau 64 Bit (x64)?


Mungkin sempat kejadian akan menginstal Google App ditolak karena tipe prosesornya berbeda atau mengintal aplikasi lain ada sebuh pilihan : aplikasi biasa (x86) atau Aplikasi 64 Bit seperti jika kamu akan menggandakan whatsapp menjadi 2 dalam 1 hp dengan aplikasi Parralel Space atau Dual App, ataupun aplikasi yang lainnya.

Jadi, bagaimana cara untuk mengetahui berapa bit Hp kita?

Caranya cukup mudah. Hanya cukup menggunakan aplikasi yang ringan tidak memerlukan kapasitas yang besar dan selslu support dengan prosesor 32 bit dan 64 bit, jadi jangan kawatir aplikasi ini tidak akan berjalan.

Aplikasi untuk mengetahui informasi secara keseluruhan mengenai handpone anda, banyak bertebaran di sana-sini termasuk di google Play atau play store. 

Namun kali ini saya akan memberikan sebuah informasi dan tutorial ringan mengenai beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk memperoleh informasi mengenai berapa bit hp yang kita gunakan, yaitu menggunakan Antutu Benchmark, AIDA64

# Mengetahui Bit HP dengan "Info Perangkat Keras CPU" dari NY Mobitech Inc

Aplikasi ini ringan sekali yaitu dengan kapasitas download sekitar 3.2 MB, anda bisa mendapatkan informasi tersebut.

Langkah 1: Download dan Instal aplikasi "Info Perangkat Keras CPU" di palystore.
Langkah 2: Selanjutnya setelah terinstal, silahkan langsung buka saja. 


Maka secara otomatis pada bagian pertama, menu informasi Halaman perangkat akan terbuka.  dan di bagian informasi "Hardware / Dewan" akan memunculkan informasi berapa bit jenis prosesor kita.

#Mengetahui Bit HP dengan Antutu AIDA64

Kapasitas aplikasi Aida64 yang dikeluarkan oleh FinalWire Ltd ini termasuk sangat kecil yaitu 5 MB.

Cara untuk mengetahui bit pada hp kita cukup dengan:

Langkah 1# Unduh dan Pasang Aplikasi AIDA64 di Hp anda melalui Playstore.

Langkah 2# Selanjutnya Buka Aplikasi Aida64 tersebut.

Langkah 3# Pada halaman awal akan menampilkan beberpa kategori informasi yang akan dibuka, seperti System, CPU, Display, Network, BAtteray, Android, Device dan lain sebagainya.

Langkah 4# Dari berbagai kategori tersebut, silahkan pilih dan ketuk kategori "CPU"



Langkah 5# Selanjutnya akan dimunculkan berbagi informasi mengenai CPU termasuk berapa bit ptrosesor hp Anda yang terdapat pada bagian "Instruction Set"

#Mengetahui Bit HP dengan AnTuTu Benchmark

Kapasitas Aplikasi ini sekitar 50MB

Langkah 1# Download dan instal aplikasi AnTuTu dari Playstore

Langkah 2# Buka Aplikasi tersebut, selanjutnya ketuk "Perangkat Saya"



Langkah 3# Secara otomatis akan menampilkan informasi perangakat HP anda yang termasuk didalamnya adalah info tipe berapa bit prosesor hp tersebut yang terdapat pada bagian "Android".

Penutup
itulah informasi sekilas mengenai prosesor Smarthpone 32 bit (86x) dengan 64 bit (64x) dan cara untuk mengetahui berapa bit hap kita yangsedang pakai.

Sebenarnya masih banyak aplikasi yang digunakan, jika aka hobi ber eksplore di play store, and abisa mencari dengan jenis aplikasi yang lain  yang mungkin tidak jauh berbeda dengan ke 3 aplikasi di atas...

Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

Lirik, Arti dan Makna Lagu Imagination - Shawn Mendes