Cara dan Trik Membuat Grafik di MS Excel | Lengkap dengan Modifikasinya.

myavitalia.comGrafik dan Microsoft excel merupakan sebuah hal yang saling terkait. Microsoft excel dengan fungsi bakunya sebagai program pengolahan data yang memiliki  kompleksifitas rumus begitu variatif, dapat menjadi sebuah sumber untuk menghasilkan grafik yang dapat menggambarkan data work book secara grafis yang mudah dipahami.

Data yang disajikan dalam bentuk grafik secara umum biasanya dapat menggambarkan sebuah perbandingan atau sebuah tren yang terjadi.

Jenis grafik yang digunakan dalam MS Excel memiliki berbagai jenis dan variasinya, sama juga seperti yang digunakan dalam membuatan grafik di MS Word, karena memang MS Word dan MS Excel dalam pembuatnya grafik masih dalam sumber yang sama yaitu menggunakan  MS Excel atau Spread Sheet Excel.

Untuk membuat sebuah grafik, tentunya harus memahami beberapa elemen yang menjadikan sebuah grafik tersebut dapat terbentuk, seperti:

1. Axis atau Sumbu

Dalam pembentukan sebuah grafik, pastilah memiliki sebuah sumbu atau garis vertikal dan horizontal yang mewakili sebuah ukuran data yang akan disajikan.

Sumbu Tegak atau Axis Vertikal  yang sering disebut sebagai sumbu Y merupakan sebuah sumbu yang mengukur nilai dari sebuah kolom.

Sumbu Mendatar atau Horizontal Axis yang sering disebut sebagau sumbu X merupakan sebuah sumbu yang mewakili atau mengukur nilai atau kategori dalam sebuah baris.

2. Data Series

Data series merupakan bagian dari grafik yang merupakan penggambaran secara visual berupa batang, atau garis atau titik atau yang lainnya, dilengkapi dengan warna yang berbeda-beda sesuai data yang diwakili.

3. Legend (Legenda)

Legend merupakan sebuah tanda berupa titik-titik atau bulatan atau kotak-kotak kecil yang berada di bawah grafik utama atau sebelah kanan yang mewakili atau menerangkan dari masing-masing warna data series yang di sajikan.

4. Judul Grafik

Judal adalah sebuah hal yang wajib di sertakan. Judul sebaiknya dibuat padat dan singkat namun dapat mewakili isi dari grafik yang ada.

Selain Elemen di atas, Microsoft excel maupun Word ternyata menyediakan banyak jenis Grafik yang bisa di tampilkan seperti Grafik Batang, Grafik garis, Grafik Pei, grafik area, stock bar, Radar danlain nya lagi.

Setiap grafik memiliki karateristik tersendiri, sehingga data yang berbeda mungkin akan lebih cocok dengan grafik yang berbeda pula.

Untuk mengenal Karateristik dan jenis-jenis Grafik yang ada anda bisa baca ulang di artikel sebelumnya yang tergabung dalam artikel pembuatan grafik di MS Word.

Membuat Grafik Di MS Excel

Dalam membuat grafik di MS Excel dari sebua jenis MS Excel yang ada dari MS Excel 2007, 2010, 2013, MS Excel 2016 dan versi diatasnya, pada intinya memiliki dasar yang sama dalam hal yang polok dalam hal memasukkan data dan menampilkan dalam sebuah grafik standar,  namun terdapat beberapa perbedaan sedikit biasanya terletak dari segi design-nya saja.

Dalam kesempatan ini akan di berikan sebuah langkah membuat grafik dari Microsoft office  MS Excel 2016, dan untuk versi lain silahkan menyesuaikan, karena memiliki dasar yang sama.

Sebagai langkah awal silahkan siapkan data induk terlebih dahulu yang akan digunakan dalam pembuataan grafik, tanpa ada data yang sudah siap sebelumnya, maka pembuatan grafikpun tidak akan bisa berjalan, dan sudah jelas akan diberisri sebuah peringatan ditolak dan harus memasukkan data sebelumnya.

Di sini dicontohkan akan membuat grafik data perbandingan kenaikan atau penurunan dalam beberapa bulan terhadap kuantitas barang yang terjual.

Langkah 1# Select data atau blok seluruh data grafik yang akan dibuat.



Langkah 2# Menyisipan jenis grafik  dengan memilik insert===> Ribbon Chart ==Expand Chart (tanda panah kecil kanan bawah di Robon Chart)

Langkah 3# Selanjutnya anda akan dibawa pada jendela "insert Chart"===> dan Pilih pada Tab " All Chart".

Sebenarnya terdapat tab "Recommended Chart" anda bisa pilih bagian itu, namun pilihan chartnya hanya terbatas sesuai yang di rekomendasikan saja.

Namun untuk lebih leluasa memilih chart dengan berbagai varian yang ada sebaiknya pilih dalan "All Chart "saja.

Karena di All Chart akan disajikan semua jenis chart yang ada, termasuk varian yang terdapat dalam sebuah jenis grafik yang dipilih.



Sebagai contoh saya akan gunakan grafik Kolom dengan varian 3D Clusterd Column

All Chart==> Column ==> 3D Clusterd Column  => Klik double gambar chart 3D Clusterd Column

Langkah 4# Selanjutnya akan muncul atau menyisip sebuah grafik kolom dasar yang menggambarkan data yang dipilih tadi pada worksheet excel.


Langkah 5# Sampai disini membaut grafik dasar sudah selesai.

Namun ada beberapa hal yang perlu ditambahkan agar grafik semakin jelas untuk di baca atau di telaahs, Seperti mengedit atau menambahan Judul Grafik atau Chart Title, menampilkan elemen eleman lain dalam grafik (Axis title, data label) dan beberapa yang lain lagi.

Modifikasi Grafik pada excel

Seperti dikatakan tadi, bahwa grafik yang muncul untuk pertama kali adalah sebuah grafik dasar yang belum sempurna.

Untuk menyempurnakan nya perlu di lakukan modifikasi beberapa hal seperti:

1. Meng-Edit Chart Title
Judul sebuah grafik secara otomatis akan muncul dengan tulisan bawaan yaitu "chart Title". Tulisan tersebut dapat diubah sesuai keingiinan kita, sesuai judul yang diinginkan.
caranya:

  • klik kanan "tulisan Chart Title"===> Edit text,  atau double klik "tulisan Chart Title" tersebut
  • Selanjutnya kursor akan muncul pada tulisan Chart Title dan Tulisan siap diganti dengan judul yang diinginkan.




  • Juga untuk pengaturan elignment baik rata kanan, rata kiri atau rata tengah bisa dipilih langsung dari format Char title yang otomatis akan muncul di sebelah kanan .
2. Menambahkan beberapa elemen Grafik untuk memberi keterangan lebih jelas.

Seperti: Menambahkan Data Label, Judul Axis (Axis Title), dan Data Label (untuk memberikan tampilan akngka pada data serie), Legend, Chat Titledan bberapa yang lain lagi.

Caranya dengan

  • klik grafik tersebut secara otomatis akan tampil tanda Plus (+)
  • Klik tanda + (plus) tersebut, maka akan muncul beberpa pilihan untuk menambahkan beberapa elemen untuk grafik tersebut.
  • Selanjutnya checklist elemen yang akan dimunculkan, maka secara otomatis elemen tersebut akan muncul pada grafik tersebut.





3. Mengubah Jenis Grafik, Gaya dan Tata Letak (layout)

Pada MS Excel 2007 ke atas, microsoft excel biasanya memberikan keleluasaan untuk mengedit gaya dan tata letak grafik melalui bagian "design" dengan berbagai bagian ribon yang menyertainya.
Seperti:

Mengubah Jenis Grafik: 

Klik Grafik===> Tab Design==>Change Chat Tipe===> Pilih Jenis perubahan Grafik yang diinginkan.


Mengubah Layout tata Letak dengan gaya-gaya pilihan.

Klik Grafik===> Tab Design==>Quick Layout===> Pilih layout yang diinginkan.





➲Menambah dan Mengubah Jenis atau gaya elemen elemen yang ada pada grafik

Klik Grafik===> Tab Design==>Add Chart Element===> pilih jenis elemen yang akan diubah gayanya atau di tambahkan elemennya.

Sebagai contoh digambar menambah atau menggubah gaya data lebel dengan jenis cloud label.


➲Mengubah stlye grafik dengan gaya-gaya pilihan
Dengan adanya gaya pilihan sebagai bentuk tampilan yang elegan tersebut,anda akan lebih mudah membentuk sebuah visualisasi grafik yang apik tanpa harus repot-repot edit sana sini.

caranya cukup simpel

Klik Grafik===> Tab Design => Pilih gambar grafik pilihan yang disediankan pada ribbon "Chart Style"



4. Menukar atau memutar data baris dan kolomSelain modifikasi grafik untuk masalah gaya dan tampilan diatas tadi. Mungkin ada beberapa keperluan untuk mengubah atau mengedit sebuah data ataupun posisi data itu tersajikan, seperti menukar posisi data kolom dan baris.

Untuk keperluan ini, biasa orang ingin mencoba menganalisis grafik dari sudut pandang pengelompokan yang berbeda walaupun sebenarnya menggunakan data yang sama.

Untuk merubah pengelompokan tersebut yaitu menukar data kolom dengan data baris, caranya cukup mudah

Step 1# Klik atau pilih Grafik yang akan dirumah


Step2# Klik Grafik===> Tab Design =>masuk di Ribbon Data pilih Switch row/Column



Sentuhan Terakhir

Jika dirasa pembuatan grafik sudah pas dengan segala modifikasinya. untuk lebih memudahkan mempresentasikan grafik tersebut, tanpa harus terganggu dengan data tertulis lainnya, anda dapat membuat grafik tersebut dalam sheet atau lembat tersendiri tanpa tumpang tindih dengan data sebelumnya.

Karena pada dasarnya, setiap kali anda membuat grafik baru atau insert Chart, secara otomatis akan bergabung dengan lembar data sumbernya atau data induknya.

Untuk memisahkan Lembar data dengan lembar grafik, anda cukup memindahkannya ke sheet atau lembar chart yang baru.

Caranya :
  • Setelah dirasa cukup semua modifikasi yang ada. 
  • Klik Grafik===> Tab Design =>Move Chart (ribbon Location)
  • Akan muncul Jendela yang menampikan pilihan untuk memindahkan grafik pada lembar sheet atau Lembar Chat yang baru.
  • Pilih salah satu sesuai keinginan anda:
  • New  Sheet: Memindahkan Grafik ke lembar Khusus Grafik saja
  • Object in: Memindahkan Grafik pada  Sheet Excel yang berikutnya.


Itulah beberapa trik dasar yang saya rasa cukup untuk menghasilkan grafik yang apik dan cantik.
Untuk selanjutnya, silahkan mencoba danhasilkan grafik terbaik anda.
Terimakasih, semoga membantu dan bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara dan Trik Membuat Grafik di MS Excel | Lengkap dengan Modifikasinya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel