Penting!! Ganti ATM ke Paspor BCA GPN, Cara, Macam dan Kelebihannya.

myavitalia.com- Sebagai Nasabah Bank BCA, pastilah wajib memiliki yang namanya Kartu ATM atau di dalam istilah BCA kartu tersebut dinamakan Paspor BCA.

Paspor BCA  dalam fiturnya memiliki banyak kegunaan, yaitu untuk transaksi di setiap detail menu mesin ATM disediakan, juga bisa digunakan dalam jaringan ATM dengan logo BCA dan Prima yang berada dibelakang kartu tersebut.

Jadi akan sangat membatu sekali bila rekening kita dilengkapi dengan paspor BCA. Walaupun Rekening kita sudah terhubung dengan internet banking ataupun mobile banking, tetap saja paspor BCA akan sangat membantu kita dalam beberapa verifikasi mobile banking ataupun internet banking serta saat kita melakukan transaksi yang hanya dilakukan melalui Mesin ATM.

Karena begitu panting peranan Paspor BCA tersebut, hingga setiap ada kejadian kehilangan kartu, pasti kita akan menggantinya. Atau bahkan jika ada program penggantian kartu dengan model baru, sebisa mungkin kita mendapatkan penggantinya.

KARTU GPN- Kartu Pemersatu Transaksi Domestik

Beberapa waktu belakangan ini, tepatnya sejak  4 Desember 2017, sudah di dengungkan oleh pemerintah atas nama Bank Indonesia bahwa akan ada sebuah sistem khusus pemersatu transaksi dalam negeri dapat mempermudah serta memperingan administrasi yang dikenakan antar bank atau antar atm tersebut.

Program yang dimaksud adalah GPN. Program GPN atau Gerbang Pembayaran Nasional merupakan sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai instrumen dan kanal pembayaran secara nasional.

Dengan menggunakan sistem ini pengguna dengan Logo GPN di kartu ATMnya dapat memperoleh kemudahan seperti mudah bertransaksi dengan fitur dan layanan yang berstandarisasi serta memiliki sharing infrastruktur, waktu dan biaya transasksi yang nyaman walaupun berbeda bank.

Tujuan utama dari GPN adalah menciptakan ekosistem pembayaran yang saling terhubung, dapat dioperasikan, dan memudahkan proses kliring, otorisasi, settlement secara domestik. Meminimalisir biaya transaksi, serta keamanan yang terjaga dalam setiap transaaksi.

Keuntungan yang didapat dengan sistem ini bukan hanya oleh nasabahnya namun juga oleh merchan-merchan atau pedagang saat bertransaksi di atm atau di mesin EDC.

Contoh yang jelas terlihat adalah merchant tidak lagi menyiapkan banyak mesin EDC yang dikeluarkan masing-masing bank, hanya perlu satu jenis satu mesin EDC saja dengan logo GPN.

Dan jika program tersebut sudah seluruhnya berjalan, bisa saja transaksi transfer antar atm atau biaya-biaya yang lain antar bank bisa tekan seringan mungkin atau bahkan mungkin akan Gratis biaya transaksinya.

Mungkin yang saat ini biaya per transaksi transfer 6.500 antar bank, bisa menjadi nol rupiah alias gratis.

Cara Mendapatkan  / Ganti Kartu Paspor BCA GPN

BCA sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia ingin menunjukkan keikutsertaannya dalam menyukseskan program pemerintah dalam bidang perbankan. 

Sistem GPN sebagai salah satu program Bank Indonesia, saat ini telah berangsur diaplikasikan oleh Bank BCA.

Mulai dari tanggal 17 April 2018 penggantian kartu BCA telah dimulai dari wilayah Jabodetabek dan berangsur-angsur ke Cabang BCA yang ada di Kota lain.

Kartu Paspor BCA GPN bisa didapatkan oleh:
  • Nasabah yang membuka Rekening Baru di Bank BCA baik tabungan tahapan, tahapan perorangan, ataupun Giro perorangan.
  • Nasabah lama yang ingin menggantinya dengan Logo GPN ( kalau masih menggunakan yang lama sepertinya masih diperbolehkan karena kartu jenis lama sementara ini masih tetap bisa digunakan)
  • serta nasabah-nasabah yang kartu lamanya hilang dan hendak menggantinya, secara otomatis Bank BCA akan mengeluarkan Kartu PAspor BCA GPN sebagai pengganti kartu lama.

Syarat Ganti Kartu Paspor BCA GPN

Untuk mendapatkan Kartu Parpor BCA GPN cukup mudah, Anda cukup datang ke Kantor Cabang BCA terdekat, persiapkan syaratnya, dan selanjutnya temui bagian CS Bank BCA untuk memulai mendapatkan Kartu Paspor BCA GPN tersebut dengan beberapa verifikasi yang diperlukan.

Syarat yang perlu dipersiapkan cukup mudah yaitu

Nasabag Baru:
  • cukup: KTP dan Uang sejumlah setoran sesuai jenis kartu yang akan dipilih

Nasabah Lama:

Nasabah Lama Ganti Kartu karena alasan tertelan mesin atm atau hilang.
  • Kartu Identitas
  • Buku tabungan

Jenis , Biaya dan Limit Kartu / Paspor BCA GPN

Secara umum Paspor BCA GPN memiliki jenis yang sama dengan Paspor BCA yang lama yaitu terdiri dari Paspor BCA GPN Blue, Paspor BCA GPN Gold, dan Paspor BCA GPN Platinum. Data ini diambil dari situ resmi bank BCA https://www.bca.co.id/id/Individu/Sarana/Biaya-dan-Limit/e-Banking




Dari tiga jenis kartu tersebut, untuk penggantian akan dikenakan sesuai dengan jenis paspor yang dipilih, sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

Paspor BCA GPN Blue
Paspor BCA GPN Blue memiliki keuntungan atau pun ketentuan dalam limit transaksi hariannya:

  • Tarik Tunai: 7.000.000 / hari
  • Setoran tunai melalui CDM: 15.000.000 / hari
  • Transfer antar Rekening BCA: 25.000.000  (yang biasanya merupakan penggabungan dangan transaksi melalui M-BCA)
  • Transfer antar bank diluar BAnk BCA: 10.000.000 perhari (yang biasanya merupakan penggabungan dangan transaksi melalui M-BCA
  • Pendebitan sebesar 25.000.000 perhari yang merupakan penggabungan dengan tarik tunai dan debit di merchant atau toko yang bekerjasama dengan BCA/GPN
Untuk Mengganti Paspor BCA yang lama dan memperoleh Paspor BCA Blue tersebut dikenakan biaya sebesar 10.000 pada setiap transaksi penggantian kartu. Dan selanjutnya akan dikenakan biaya administrasi tiap bulannya sebesar 14.000 rupiah.

Paspor BCA GPN Gold
Paspor BCA GPN Blue memiliki keuntungan atau pun ketentuan dalam limit transaksi hariannya:

  • Tarik Tunai: 10.000.000 / hari
  • Setoran tunai melalui CDM: 30.000.000 / hari
  • Transfer antar Rekening BCA: 50.000.000  (yang biasanya merupakan penggabungan dangan transaksi melalui M-BCA)
  • Transfer antar bank diluar BAnk BCA: 15.000.000 perhari (yang biasanya merupakan penggabungan dangan transaksi melalui M-BCA
  • Pendebitan sebesar 50.000.000 perhari yang merupakan penggabungan dengan tarik tunai dan debit di merchant atau toko yang bekerjasama dengan BCA/GPN



Untuk Mengganti Paspor BCA yang lama dan memperoleh Paspor BCA Gold tersebut dikenakan biaya sebesar 15.000 pada setiap transaksi penggantian kartu. Dan selanjutnya akan dikenakan biaya administrasi tiap bulannya sebesar 16.000 rupiah.

Paspor BCA GPN Platinum
Paspor BCA GPN Blue memiliki keuntungan atau pun ketentuan dalam limit transaksi hariannya:

  • Tarik Tunai: 10.000.000 / hari
  • Setoran tunai melalui CDM: 30.000.000 / hari
  • Transfer antar Rekening BCA: 50.000.000  (yang biasanya merupakan penggabungan dangan transaksi melalui M-BCA)
  • Transfer antar bank diluar BAnk BCA: 15.000.000 perhari (yang biasanya merupakan penggabungan dangan transaksi melalui M-BCA
  • Pendebitan sebesar 50.000.000 perhari yang merupakan penggabungan dengan tarik tunai dan debit di merchant atau toko yang bekerjasama dengan BCA/GPN
Untuk Mengganti Paspor BCA yang lama dan memperoleh Paspor BCA Platinum tersebut dikenakan biaya sebesar 20.000 pada setiap transaksi penggantian kartu. Dan selanjutnya akan dikenakan biaya administrasi tiap bulannya sebesar 19.000 rupiah.

Dari Semua Jenis Kartu yang ada, dalam setiap transakti yang dilakukan di jaringan antar bank memiliki biaya yang sama dikenakan untuk setiap jenis Paspor BCA GPN Baik Blue, Gold maupun Platinum


Tarik Tunai: 
  • ATM BCA : Gratis
  • GPN : 7.500
  • Cirrus: 25.000
Cek saldo

  • ATM BCA : Gratis
  • GPN : 4.000
  • Cirrus: 5.000

Transfer Antar Bank

  • ATM BCA : 6.500
  • GPN : 6.500
  • Cirrus: N/A

Transaksi ditolak: 

  • ATM BCA : Gratis
  • GPN : 3.500
  • Cirrus: 5.000

Itulah mengapa Paspor BCA mesti berubah ke Paspor BCA GPN, karena bertujuan untuk kemudahan dan kenyaman setiap nasabah yang transaksi di dalam negeri / domestik.

Lalu bagamana nasib nasabah yang sering keluar negeri?


Jangan Kawatir Bank BCA tetap mengeluarkan Kartu Paspor BCA terbaru mereka untuk keperluan transaksi dalam dan luar negeri, namun tidak berhak atas fasilitas yang diberikan oleh sistem GPN. 

Yang membedakan di sini adalah jaringan ATM tersebut yaitu menggunanan Logo Mastercard Flazz, merupakan logo yang sudah diterima diseluruh dunia, sehingga anda bisa menggunakannya baik diluar negeri maupun di dalam negeri.

Dalam hal ini, Pihak BCA tetap memberi kebebasan kepada para nasabahnya untuk memilih Paspor BCA GPN atau Paspor BCA Mastercard Flazz sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing nasabahnya.

Untuk lebih jelas mengenai biaya penggantian, limit transaksi dan beberapa jenis kartunya, silahkan baca selanjutnya pada bagian 9 jenis kartu yang dikeluarkan BCA termasuk didalamnya adalah Tabungan Tahapan dengan jenis KArtu Paspor Matercard tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Penting!! Ganti ATM ke Paspor BCA GPN, Cara, Macam dan Kelebihannya."

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel