10+ Tips Penting Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Saat ini laptop merupakan sebuah barang yang terlalu sulit untuk dimiliki lagi. Sudah banyak orang menjadikan laptop sebagai barang yang hampir wajib dimiliki karena bentuknya yang sederhana dapat dibawa kemana-mana sehingga memudahkan segala bentuk pekerjaan yang memerlukan bantuan dari sebuah laptop.

Dengan laptop kita bisa berkreasi di dunia digital, perkerjaan kantoran, jurnalaistik, bahkan untuk sebuah permainan bagi kamu yang suka bermain game, baik online maupun offline.

Nilai sebuah dari sebuah laptop akan terasa berbeda. Mungkin bagi kamu yang baru pertama memiliki laptop, hal ini akan sangat berharga sekali, apalagi laptop tersebut didapat dari hasil kerja keringat sendiri.

Seberapapun sebuah laptop beratinya bagi kamu, adalah sebuah hal yang menggembirakan dan menyenangkan bila sebuah laptop tersebut bisa membantu pekerjaan kita lebih mudah. Hal tersebut tidaklah terlepas dari sebuah kondisi dimana laptop tersebut bisa awet dan tetap berperforma baik disaat kita mengerjakan pekerjaan kita.

Untuk menjaga agar laptop tersebut tetap awet dan tahan lama dengan kinerja yang tetap baik, kita harus rajin merawatnya dan tidak ceroboh untuk melakukan tindakan-tindakan yang dapat membuat laptop cepat rusak.



Berikut ini beberapa tips agar laptop kesayangan kamu bisa awet dan tahan lama sertaa tetap berperforma maksimal.

1. Matikan Komputer dengan Langkah yang benar (Shutdown).
Jangan biasakan mematikan laptop atau komputer langsung dengan pencet atau menekan tombol power secara langsung, karena hal terebut dapat menyebabkan mesin hardware laptop terkejut, dan dan mematikan program atau aplikasi tanpa safing terlebih dahulu. Jika hal tersebut sering terjadi, lama-kelamaan bisa menimbulkan rusak pada hardware atau sofware laptop tersebut.

Jadi untuk menhindari resiko tersebut, matikan komputer dengan langkah yang benar yaitu melalui shutdown OS dan aplikasi yang ada terlebuh dahulu.

Biasanya dalam Windows secara umu dilakukan dengan langkah : Klik Start, lalu Shut Down.

2. Jangan menenteng bagian layar LCD (monitor) tapi tahan lah pada bagian dasarnya.
LCD atau monitor mudah tergores jaka mendapat tekanan langsung, sehingga layar mudah rusak dan juga dapat mempermudah rusaknya engsel yang menghubungkan cld dengan bagian dasar laptop.

3. Jangan Mengangkat Laptop dalam Keadaan Menyala
Kedaan laptop yang menyala berarti hardisk sedang berputar bekerja, dengan goyangan yang terjadi, dikawatirkan akan terjadi goreasn pada prirngan hardisk dan fatalnya akan terjadi bad sector pada hardisk tersebut.

4. Jangan Menaruh Barang Berat di atas Laptop
Kedaan beban berat yang lama menekan laptop, LCD terhadap keyboard dapat menyebabkan kerusakan LCH, bahkan komponen lain seperti cakram padat yang terdapat dalam kandar Laptop.

5. Jangan Menggunakan Laptop di atas Kasur atau benda Empuk Lainnya
Kasur dengan tekstur permukaan yang empuk dan lentur, dapat menutupi sirkulasi udara dari bawah pada saat laptop diletakkan diatasnya. Sehingga udara panas yang dihasilkan oleh laptop kita saat beroperasi tidak bisa dikeluarkan oleh kipas pendingin.

6. Amankan dari virus-virus yang dapat menyerang sofeware atau sistem oerasi laptop kamu
  • Jangan asal mendownload software dari Internet, karena kemungkinan banyak yang menjadi sarang virus
  • Instal atau pasanglah antivirus untuk menanggulangi atau mencegah terinfeksinya laptop kita dari virus-virus yang merusak. Minimal pasanglah anti virus bawaan windows yang sudah menjadi rekomendari microsoft itu sendiri ( Windows 7 : Windows Security Essentials dan windows 10 :Windows Defender), atau pasanglah Antiivirus yang terpercaya.
7. Kontrol Suhu Laptop
Mengontrol suhu laptop adalah sebuah keharusan. Karena suhu yang panas terus-memerus akan menyebabkan over heat sehingga hardware dan sofware menjadi hang/ error bahkan bisa menjadi rusak. 

Mengontrol suhu agar tetap normal bisa dilakukan dengan cara menghindari bermain game yang berat dan terus menerus, saat mengoperasikan laptop letakkan pada posisi dan suhu ruangan yang tepat, jangan menggunakan laptop terlalu lama, juga jangan menutup Layar LCD setelah digunakan.


8. Jauhkan Laptop dari Sinar Matahari
Dalam bebrapa hal sinar terkena sinar matahari langsung dapat mempercepat rusaknya komponen-komponen yang rentan terhadap sinar matahari.

9. Jauhkan Minuman atau cairan, atau makanan apapun dari Laptop 
Mungkin sesekali atau bakan sering kita tergoda untuk bermain komputer dengan menyanding kopi atau minuman yang lain. Bisa saja insiden terjadi dengan tumpahnya cairan tersebut ke laptop kita. Jika itu terjadi, cairan dapat menyebabkan konsleting pada komponen-komponen mikroelektronika internal, rusaknya aliran listrik bahkan bisa merusak secara permanen komponen-komponen tersebut.

Berhati-hatilah jika menyanding minuman di dekat komputer atau laptop. Mungkin bukan kamu yang menumpahkan, tetapi bisa saja orang lain atau benda lain tidak sengaja menumpahkan cairan tersebut. Jadi Jauhkanlah carian-cairan tersebut dari sekitar Laptop kamu,

10. Bersihkanlah tangan sebelum menggunakan Laptop
Dengan menjaga kebersihan tangan atau jari-jari kita, secara otomatis keypad ataupun papan keyboard juga terjada kebersihannya.

Tangan yang bersih dapat memudahkan kita menggunakan Touchpad, dan mengurangi resiko meninggalkan kotoran pada laptop, mengurangi keausan pada lapisan luar laptop yang diakibatkan gesekan dengan keringat dan partikel kecil yang bisa mengikis permukaan laptop

11. Bersihkan Laptop atau Hardware secara rutin.
Membersihkan laptop secara rutin tersebut bisa diterapkan dalam membersihkan layar laptop secara Rutin, Bersihkan Optical Drive, Selas-sela kipas pendingian, bersihkan papan keyboard dan yang lainnya.

Untuk membersihkan lekuk-lekuk yang terlihat pada laptop, bisa gunakan dengan sikat atau cairan khusu pembersih laptop, yang bisa kamu dapatkan di toko koputer.

Kotoran yang menumpuk di bagian hardware kita bisa saja menimbulkan overheat pada laptop kita, sirkulasi udara yang kurang bagus untuk perangkat keras laptop tersebut. Juga mungkin kotoran-kotoran lain bisa menggores LCD, dan menggores perangkat keras lainnya.

Jika mingkin sesekali untuk hardware yang sulit kita jangkau, kamu bisa minta bantuan kepada ahlinya atau yang mahir membongkar pasang laptop.

12. Gunakan tas laptop saat bepergian dan Gunakan Ukuran yang Benar
Dengan Membawa Laptop dengan Tas laptop, bisa mengurangi resiko jatuh yang bisa menyebabkan rusaknya laptop. Pastikan juga gunakan ukuran tas laptop, ataupun tas yang buat anda sendiri dengan ukuran yang longgar, untuk mencegah terjadinya laptop tergores, terhimpit atau terjatuh.

13. Gunakan Cas / charger Seperlunya
Maksud digunakan seperlunya adalah charger digunakan untuk mengisi baterai yang lemah hingga penuh. Pada saat indikator sudah menandakan baterai penuh, silahkan langsung cabut saja. Jangan di tancapkan terus menerus, hal tersebut akan merusak koponen dalam baterai tersebut, sehingga mudah drop tiba-tiba.

14. Bersihkan Sampah-Sampah Aplikasi di Laptop
Sadar tidak sadar setiap aplikasi yang digunakan dapat meninggalkan sampah yang dapat memenuhi memori laptop kita, semakin banyak sampah yang menumpuk secara perlahan akan mengurangi performa komputer atau laptop bahkan bisa menimbukkan error dan rusak, untuk membersihkan sampah sampah tersebut seperti temporary file, prefecth, dan recyclebin bisa lakukan secar amanual maupaun dengan aplikasi cleaner tambahan, seperti CCleaner, Tuneup Utility dan masih banyak lagi.

15. Update Aplikasi Secara Berkala
Karena perkembangan teknologi komputer semakin canggih, sehingga aplikasi-aplikasi pun terus dikembangkan untuk saling mendukung antar aplikasi lain yang digunakan. Untuk dapat semua aplikasi tetap berjalan dengan perkembangan waktu yang ada, solusinya adalah dengan mengupdate secara berkala semua aplikasi yang terisntal di laptop kita, terutama aplikasi pendukung OS, yang sering kita gunakan, serta yang menurut kita sangat penting.

Itulah tips-tips yang bisa kamu terapkan, agar laptop tetap terawat dengan baik dan selalu awet selama kamu gunakan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "10+ Tips Penting Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close