Cara otomatis dan Manual menampilkan Subtitle Film di HP Android

Jaman semakin maju, hampir tiap beberapa bulan sekali handpone mengalami pembaharuan menuju kecangihan yang lebih tinggi.

Teringat jaman dulu, kecangihan handpon belum seperti saat ini, mau nonton film hanya bisa format 3gp (resolusi kecil), kapasitas memori juga masih terbatas. jadi bisa dikata, susah buat nonton full film di HP jadul.

Saat ini, dengan HP model Smartphone yang ada, serasa dunia ada ditangan anda. Termasuk didalamnya, anda dapat menonton film sepuasnya, tergantung dari seberapa banyak kuota untuk nonton streaming ataupun sebanyak apa anda mengkoleksi film-film yang anda sukai.

Untuk kamu yang suka nonton film pasti akan mencoba memperolah film-film yang kamu sukai dari berbagai situs penyedia film-film terbaru dan terpopuler seperti indoxx1 dan yang lainnya.

Film banyak sekali tersedia dari film indonesia, jepang, korea, dan film-film barat. tetapi yang menjadi masalah, mungkin masih di antara kita ada yang belum mengerti bahasa asing sepenuhnya, sehingga memerlukan sebuah terjemahan untuk bisa mngerti danmemahami jalan cerita film tersebut.

Sebagai pemecahan masalah tersebut yaitu kita harus mendapatkan sebuah subtitle untuk menjadi pedoman menterjemahkan bahasa dalam film tersebut. Subtitle, kamu bisa dapatkan pada situs penyedia download film tersebut  atau pada situs khusus untuk memperoleh vasiasi terjemahan dengan pilihan yang terbaik seperti opensubtitle.org atau yang lainnya, atau anda bisa dapatkan secara online via videoplayer yang digunakan.

Setelah subtitle tersebut didapatkan, kamu siap menggabungkan subtitle dengan film tersebut agar bisa terbaca atau muncul pada film yang ditonton.

Namun, masih banyak diantara kita atau sebagian orang, masih saja gagal untuk memunculkan subtitle film tersebut di dalam Videoplayer yang kita punyai.

Cara menampilkan Subtitle Film di Xplayer Android.

Pada kesempatan ini, akan kita bahas secara khusus bagaimana menampilkan subtitle pada hp android kita.

Tidak semua player memiliki fitur untuk membaca subtitle film (.srt)(.ssa). Namun saat ini sudah banyak Aplikasi Video Player yang menyediakan fitur untuk membaca berbagai jenis format film (Mp4, MKV, FLV dan yang lain) beserta subtitlenya sekaligus seperti MX Player, VLC, X player dan masih banyak lagi.

Untuk tutorial contoh saat ini saya mengunakan XPlayer pemutar video semua format keluaran dari InShot Inc. Videoplayer XPlayer tersebut menjadi aplikasi favorit saya, karena dalam aplikasi tersebut, kamu bisa memutar video dengan otomatis subtitle, manual, maupun pilihan download subtitle sebagai pilihan variasi subtitle yang ada, serta mendukung hampir seluruh format video yang ada.

Selain hal tersebut Xplayer Video juga terdapat menu pengaturan sinkronisasi timing untuk subtitlenya. Jika mungkin subtitle yang kita pakai timingnya tidak sama atau tidak tepat dengan ucapan aslinya, maka kita bisa mengaturnya dengan memajukan atau memundurkan waktu  tampilan tersemahan tersebut.

Maka syarat untuk sebuah android mbisa menampilkan subtitle dengan baik yaitu harus memiliki Sebuah Videoplayer yang suport subtitle dan berbagai jenis format video, sebisa mungkin tempatkan subtitle dan film tersebut ditempatkan dalam 1 folder, sebisa mungkin file name film dengan subtitle disamakan. apabila subtitle filename tidak sama bahakn tidak dalam satu folder, bisa disingkronkan dengan cara manual.

Menampilkan Subtitle Secara otomatis di Xplayer

Untuk bisa menampilkan secara otomatis subtitle syaratnya cukup mudah
1. Letakkan Subtitle dan Film dalam satu folder yang sama, jangan berbeda folder.

2. Pastikan file name subtitle dan file name film harus sama persis.
 jika belum sama, tidak akan terbaca secara otomatis, maka harus disamakan dengan mengganti nama aatau me rename file name tersebut.



contoh: 
File Film: Ralp-Break-the-intenet.Mp4
File subtitle: Ralp-Break-the-intenet.srt

3. Sekiranya kedua syarat tersebut sudah terpenuhi. silahkan buka video tersebut pada Xplayer. maka secara otomatis, film yang diputar sudah dapat memunculkan subtitel tadi.

Menampilkan Subtitle Secara Manual di Xplayer

Cara manual ini bisa dilakuan untuk subtitle dengan keadaan yang tidak beraturan tempatnya maupaun nama file masing masing baik subtitle atau file filmnya sendiri. Beda name file, beda folder atau malah belum mempunyai subtitle

File sudah tersedia namun tidak sama nama filenya dan dengan folder yang berbeda.
1. Buka Film yang akan ditonton.
2. Ketuk tanda titik tiga disebelah kanan atas---> Subtitle


3. Ketuk "Buka dari " 


4. dan cari file subtitle yang anda simpan, setelah ditemukan, silahkan ketuk nama file subtitle yang dipilih tersebut.



5. Hasilnya subtitle muncul pada film yang sedanganda putar tersebut.

File Subtitle belum ada.
1. Buka Film yang akan ditonton.
2. Ketuk tanda titik tiga disebelah kanan atas---> Subtitle
3. Ketuk "unduh " 


4. dan masukkan nama subtitle yang akan dicari, 


 5. setelah ditemukan, silahkan ketuk atau ceklist nama file subtitle yang dipilih tersebut.


4. Hasilnya subtitle muncul pada film yang sedanganda putar tersebut.

Itulah gambaran secara umtum untuk menampilkan subtitle film pada video player  android kamu. Cara ini bisa diterapkan tidak jauh berbeda dengan langkah-langkah pada videoplayer yang lain.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara otomatis dan Manual menampilkan Subtitle Film di HP Android"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close