Tips Jitu Agar Di terima di Google Adsense-GA

Salam jumpa sobat. Di sana-sini pasti sudah banyak yang memberi tips dan trik tutorial bagaimana cara bisa goal atau cepat bisa diterima di google adsense. Tetapi kali ini saya memberanikan diri untuk membagikan pengalaman bagaimana bisa goal diterima di GA (google adsense)

Perjalanan bermula dari yang katanya "ngeblog bisa menghasilkan duit", saya penasaran lalu saya mencoba browsing kesana-sini untuk memulai ngeblog dari pengalaman yang masih nol sama sekali masalah bloging  (newbie). Waktu itu saya sempat ditolak Google adsense sampai 3 kali, yah wajarlah...newbie . 


Ternyata dengan penolakan dari google itu, saya mencoba mencari pemecahan permasalahan itu dari share teman-teman blogger tentang tips-tips bagai mana menulis blog yang disukai google dan bisa diterima di google adsense. Dan akhirnya bisa diterima. 

Khusus kesempatan ini saya membagi sesuai pengalaman saya saja ya, bila ada kurang boleh lah kalau ditambahkan di komentar....


Langsung saja ya, inilah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam ngeblog untuk memperoleh tambahan penghasilan dari google adsense


1. Persiapkan blog dengan template yang sesuai standar / disukai google
  • Cari tema template yang responsive dengan ponsel/ Mobile Friendly. Soalnya pengguna internet saat ini didominasi oleh pengguna ponsel pintar / mobile device.
  • Pastikan Template sudah fix dalam tahap pengajuan ke adsense, jangan pernah mengubah template saat pengajuan karena dianggap blog anda belum jadi secara penuh. 
(Baca: Cara membuat Privacy Policy, Discalimer, Contact Us)

2. Persiapkan Isinya
  • Blog gado-gado (campuran) semua tema boleh, tetapi biasanya google lebih menyukai niche/ tema dengan satu tema khusus.
  • Dilarang memuat konten isi yang berbau pornografi, menjual produk obat-obatan atau aktifitas penjualan lainnya, tidak boleh membuat konten yang melanggar hak cipta seperti download aplikasi yang dilarang disebarluaskan secara bebas, dan membuat blog hacking dan sejenisnya.
  • Jangan Copas (copy Paste). Google menyukai produk orisinil, kreatif dari ide buatan sendiri, dan google dapat mendeteksi blog yang hanya copas.
  • Boleh membuat blog dengan isi tema yang sama dengan blog lain asalkan tidak copas, lebih bisa memberi inspirasi baru dan ada nilai tambah dari blog lain yang temanya sama. Misalnya: Cari dan kumpulkan blog-blog atau website-website lain dengan tema yang sama, lalu kita campursarikan di blog kita sehingga blog kita mempunyai nilai lebih dari yang lain.
  • Isi blog jangan terlalu miskin/terlalu sedikit jumlah kata atau kalimat. Secara tepatnya juga saya kurang paham, yah minimal 100 kata dalam satu blog atau lebih. kalau ada yang cuma coretan sedikit-sedikit, hapus aja, ngotori blog terlihat kurang bermutu.
  • Hindari atau minimalkan kesalahan dalam penilisan kata-kata atau pun disingkat-singkat. Semakin kamu menulis kata-kata atau kalimat dengan ejaan yang salah, nampak bahwa artikelnya kurang serius dan kurang bermutu. dan juga bila google translate akan menterjemahkan ke dalam bahasa lain akan susah dipahami/ tidak bisa diterjemahkan dengan benar.
  • Bila blog tanpa ada gambar, seperti halnya makan tanpa garam, tidak semarak. Sudah hal yang penting bahwa di dalam blog harus menyertakan gambar. Gambar lebih mudah untuk memikat perhatian orang atau pembaca. Tetapi dalam hal memilih gambar jangan menyalahi aturan, jangan asal comot dari image google search. Soalnya setiap gambar yang publis adakalanya memiliki hak cipta/ copyright. Sebaiknya ambillah foto dari hasil jepretan sendiri atau dari penyedia gambar berbayar maupun gratis. Biasanya saya mencari gambar gratisan di pixabay.com
  • Untuk bisa goal di adsense katanya minimal postingan harus 50 sampai dengan 100 artikel. ternyata tidak juga, waktu saya ajukan sebelumnya postingan hanya 20 artikel dan bisa diterima di adsense. Mungkin alangkah baiknya kalau diperbanyak postingannya dulu aja, selain syarat buat diterima di adsense, juga bisa untuk memperbanyak kata kunci dan memperbanyak trafik yang masuk.
  • Buatlah artikel secara kontinyu sebagai tanda bahwa anda memang serius dalam mengembangkan blog anda. 
3. Buat navigasi yang jelas.
  • Sebisa mungkin semua isi blog kamu bisa ditelusuri dari halaman dasar dengan navigasi yang jelas. 
  • Google suka dengan blog dengan navigasi yang jelas. Tujuan navigasi yang jelas ini diperuntukkan bagi para pengunjung supaya bisa berselancar di blog kita dengan mudah. Mudah dalam mencari semua konten yang ada di blog kita. 
  • Navigasi yang seyogyanya ada: Menu halaman Policy privacy, Disclaimer, About, dan contact seperti pada nomer satu di atas tadi, munculkan enteri populer, Menu Kategori, dan jika perlu tambahkan menu pelengkap lainnya seperti Search, Subscribe, dan Sharing (FB,Twitter,G+ dan sejenisnya). Untuk hal ini saya belum pintar memodifikasi. Jadi saya menggunakan template yang sudah instan meyediakan semua navigasi tersebut, seperti di blog ini semua navigasi bawaan standar yang sudah bisa diajukan ke google adsense (tema Contempo)
4. Traffic Blog
  • Trafic blog tidak ada ketetapan jelas dari google, kalau dari pengalaman saya sebelumnya, saya diterima di adsense, trafik baru sekitar 20 PV perhari
  • Yang Jelas tiap hari harus ada yang berkunjung ke blog kita walaupun cuma satu pengunjung.. 
5. Umur Blog
  • Dalam Panduan atau kebijakan google, di daerah tertentu seperti di India untuk pengajuan ini, blog minimal harus berumur minimal 6 bulan terlebih dahulu. Tapi sepertinya itu tidak berlaku di Indonesia. Waktu pengajuan kemarin, blog ini baru menginjak usia 3 bulan.  Biasanya umur blog ini berfungsi melihat kosistensi dari blogger dalam aktifitas bloggingnya dan juga melihat konsistensi Traffic yang didapat dalam blog tersebut.
6. Koneksikan dengan Google Analytics. dan Google Webmaster
  • Menghubungkan blog ke Google Analytics dan Google Webmaster, mungkin ini tidak ada ketentuan jelas dari google. Tapi bisa dicoba, karena dengan menghubungkan dengan web tersebut, berarti kita terlihat serius dengan keberlangsungan blog kita, Dari situ kita bisa memonitor blog kita dan memperbaiki error blog yang ada serta mengolah traffic blog kita .
Itulah yang bisa saya bagikan sesuai apa yang saya alami.  Semoga sedikit banyak artikel ini dapat membantu para blogger yang menjadi menjadi Publisher di google adsense. 

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mudah Membuat Jadwal Piket /Jadwal Dinas 3 Shift

100+ Nama Baptis Katolik Berdasarkan Pesta Nama orang Kudus dari Buku Puji Syukur

Lirik, Arti dan Makna Lagu Imagination - Shawn Mendes