Cara Mudah Setting Domain-DNS di Namecheap Untuk Blogspot

Cara Mudah Setting Domain di Namecheap- Namecheap.com merupakan sebuah perusahaan web hosting luar negeri yang menyediakan banyak layanan seperti Domain, Hosting, SSL Certificates, Affiliate-Reseler dan masih ada yang lainnya.

Name Cheap adalah salah satu penyedian domain yang saya percayakan untuk salah satu blog saya yang lain. Mengapa saya memilih namechaep? Alasannya sederhana saja. Selain harga yang cukup murah yang juga bisa menggunakan cara bayar credit card, paypal, visa, mastercard dan beberapa yanglain lagi,. Kemudian performa sampai saat ini masih dalam kondisi yang bagus, baik kecepatan dan uptime yang cukup bagus sekitar 99% dalam setiap bulannya,


Yang jelas harga murah, bukan murahan sudah terpercaya dan tersertifikasi ICANN sejak 2011 dan juga sudah banyak para blogger lain yang menggunakannya dan sampai saat ini dalam keadaan nyaman dan baik-baik saja.

Bila anda sedang membaca ini, kemungkinan besar anda sseorang blogger yang sudah membeli domain di namecheap tetapi belum paham cara setting DNS untuk blogspot anda.

Secara garis besar mengenai cara Setting DNSnya sama dengan penyedia layanan domain yang lain seperti di rumahweb, IDwebhost dan yang lainnya yaitu mempunyai 6 DNS record yang harus dimasukkan kedalam setting DNS tersebut, Hanya saja langkah-langkahnya sedikit berbeda.

Kalau anda pernah mempunyai domain di penyedia layanan domain yang lain, mungkin akan sangat mudah memahaminya, tetapi bagi yang belum pernah sama sekali, mungkin akan sulit.

Nah untuk semuanya saja, saya mencoba membagikan cara saya menerapkan setting DNSNamecheap tersebut di blogspot saya.

Langkahnya sebagai berikut:
1. Masuk / login ke account blogger anda.
2. Pilih blog mana yang akan di costum domain, pilih Setting/Setelan-Dasar-Publikasi
3. Pilih ; "+ Siapkan URL pihak ke-3 untuk blog Anda "
4. Isi "setelan Domain Pihak ke 3" dengan nama domain anda, jangan lupa sertakan dengan tanda "www" (contoh www.myavitalia.com) dan Simpan.

5. Akan terjadi error /penolakan karena domain belum terverifikasi sebagai domain anda. Tapi jangan takut. Di situ akan diberikan CName untuk setting verifikasi bahwa domain tersebut andalah milik anda. Cname yang diberi tanda merah harap disimpan / atau copas yang nantinya akan digunakan disetting DNS pada Rumahweb.com.



6. Tinggalkan sementara setting blogger tersebut. dan kita beralih ke namecheap.com
7. Silahkan sign in ke https://ap.www.namecheap.com
8. Masuk ke Menu Domain List




9. Manage-Advanced DNS, akan muncul 2 record bawaan sebagi contoh yang disediakan namecheap. silahkan hapus 2 record tersebut, klik tanda tong sampah seperti yang dilingkari pada gambar di bawah ini.




10. Selanjutnya setelah record bawaan terhapus semua, silahkan tambahkan record baru dengan klik tanda +Add New Record

Lalu masukkan 4 record  dengan Type: "A Record" dan Host : " @"  satu persatu

- Type: "A Record", Host: "@" , Value: "216.239.32.21"
- Type: "A Record", Host: "@" , Value: "216.239.34.21"
- Type: "A Record", Host: "@" , Value: "216.239.36.21"
- Type: "A Record", Host: "@" , Value: "216.239.38.21"

Juga tambahkan 2 Record dengan Type: CNAME Record yang didapat dari setting blog adress "pengaturan pihak ketiga" yang terdapat pada point ke 5 di atas tadi. (silahkan lihat lagi...)

- Type: "CNAME Record", Host: "www" , Value: "ghs.google.com"
- Type: "CNAME Record", Host: "pybcyf73uc6fu" , Value: "gv-cahcvwr7lp4.dv.googlehosted.com"

Keterangan pengisian Type CNAME:
Value: isi dengan "destination, Target/tujuan"
Host: diisi dengan "name, label/host

Setelah anda memasukkan semua record tersebut, silahkan pilih Save Changes yang berwarna Hijau atau Klik tanda Centang warna hijau untuk menyimpan record tersebut.

 11. Jadi untuk semua setting yang lengkap terdiri dari 6 setting DNS Record.


12. Pastikan semua benar seperti contoh diatas dan tersimpan. Dengan Begitu Setting Di namecheap sudah selesai

13. Selesai di Namcheap, kita kembali ke setelan di blogger.com lihat pada point Nomer 5. Pilih Save. Ada kalanya setting tersebut belum bisa, ini dikarenakan ada proses propagasi antara 1 sampai 24 jam, anda bisa menunggunya sampai selesai proses propagasi tersebut. Jika semua langkah tersebut dilalui dengan benar,seharusnya akan berhasil.

16. Tahap selanjutnya agar domain bisa diakses tanpa menuliskan "www" terlebih dahulu, maka perlu setting pengalihan . dengan memilih "EDIT"  pada setelan dasar-publikasi di alamat blog yang TLD.


17. Selesai

Seperti itu langkah-demi langkah yang saya coba untuk menghubungkan Domain ke Blogspot di namecheap. dan berhasil.

Selamat mencoba dan bergabung di namecheap.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Setting Domain-DNS di Namecheap Untuk Blogspot"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close