Cara Mudah Membuat Disclaimer di Blog

Sebelumnya saya sudah membahas halaman privacy policy dan pada kesempatan ini kita akan melanjutkan halaman yang menjadi salah satu elemen penting dalam membuat sebuah blog agar menjadi profesional dan mungkin menjadi salah satu syarat dalam pengajuan sebagai publisher iklan di google adsense yaitu Kebijakan Disclaimer. Jagan lupa buat dulu halaman kontak sebelum melanjutkan kelangkah ini.

Apa sih itu disclaimer/ penyanggahan? merupakan suatu halaman yang berisi suatu penyanggahan untuk melindungi pemilik situs dalam situasi tertentu dan sebagai pembatas atas komplain atau tuntutan terhadap isi dari blog atau web yang ditulis. Selain itu juga disclaimer menjelaskan akan kewajiban pemilik situs tersebut.

Di sisi lain Disclaimer ini sering dihubungkan dengan Hak Cipta, mengapa? karena ini bisa menjadi dasar untuk melakukan sebuah claim jika situs atau blog anda dicopy paste-copas (duplikat terhadap iai atau conten) oleh situs lain ataupun mungkin terhadap prilaku kriminal terhadap situs anda.

Dalam pembuatan kebijakan tersebut sebenarnya bisa dibuat sendiri, tapi mungkin akan repot apalagi bagi kita yang belum paham benar mengenai hukum yang ada. Tapi jangan kawatir, Disclaimer seperti halnya privacy policy shdag memiliki tatanan yang baku, maka saat ini sudah ada dari beberapa pihak atau situs yang secara online menyediakan pembuatan kebijakan ini. 

Pada kesempatan ini saya mencoba membagikan pembuatan disclaimer ini dengan menggunakan Disclaimer Generator melalui situs www.privacypolicyonline.com

Langkahnya sebagai berikut
1. Buka situs disclaimer Generator www.privacypolicyonline.com

2. Ada satu bagian yang harus diisi secara lengkap mengenai info situs dan info kontak

3. Your Site Title (Isi dengan Judul Bloh kalian), Your Site Url (isi dengan alamat url blog kalian), Contact Link (isi dengan Url Halaman Kontak us kalian), Email Adress (isikan alaman email kalian) dan Email Encryption (jika akan di tampilkan dihalaman disclaimer pilih No, jika tidak mau di tampilkan pilih Encrypt Emial with HTML)

4. Jika dirasa pengisian data tersebut sdh benar, lalu pilih Generate Disclaimer

5. Lalu akan muncul halaman Discalimer versi HTML. 

Cara membuat halaman Disclaimer

Setelah selesai tahap tersebut, kita masuk tahap pembuatan halaman disclaimer di blog kita.

1. Copy semua kode HTML yang diperoleh dari Generate HTML tadi.

2. Masuk ke "Halaman" lalu "Halaman Baru".

3. Pilih Tab HTML (bukan Compose), lalu Paste Hasil Copy generate HTML tadi di tempat tersebut.

4. Buat Judul "Disclaimer", jika dirasa sudah pas. Lalu Publikasikan


Dengan demikian kita sudah bisa memiliki Halaman Discalimer. Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mudah Membuat Disclaimer di Blog "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close