Cara Membuat Simbol Superscript & Subscript pada sebuah Blog

Simbol merupakan suatu tanda yang dapat memberikan arti tertentu. Dan dalam sebuah artikel atau tulisan pasti tidak terlepas dalam penulisan simbol-simbol tertentu.

Dan dalam kesempatan ini kita akan membuat simbol yang sering digunakan untuk melengkapi sebuah tulisan yang bertema penghitungan luas, volume, perpangkatan seperti simbol persegi, kubik, dan kwadrat juga simbol persamaan dalam penulisan tanda senyawa kimia.


Saya dapat membagikan cara tersebut, ini dikarenakan dari pengalaman saya dalam membuat sebuah artikel yang sering menampilkan profil suatu bangunan tertentu seperti luas tanah serta pembuatan suatu volume dalam sebuah ruangan.

Awalnya saya bingung bagaimana cara menampilkan tanda tersebut dalam sebuah blog. maklum waktu itu saya hanya seorang blogger pemula, lalu saya mencoba mencari di berbagai sumber, dan ternyata tidak terlalu sulit bahkan bisa dikatakan mudah saja dalam membuat dan menerapkannya, dan ternyata berhasil.

Dalam menuliskan tanda atau simbol tersebut ternyata bisa dilakukan dengan dua cara yang berbeda, yaitu melalui menu HTML di kanvas Postingan dan melalui perpaduan kode pada papan keyboard komputer anda.

➮Membuat Simbol Pangkat Atas atau Tanda Persegi atau kwadrat dan Kubik

Dalam membuat tanda tersebut, secara tampilan akan terlihat bahwa angka tertentu seperti angka 3 dan 2 terletak lebih kecil di samping atas sebuah tulisan normal. Dan hal tersebut bisa kita menggunakan kode “SUP”  yang artinya Superscript (Pangkat Atas)
Sebagai Contoh kita akan membuat tanda 100 m².

Cara 1# Melalui Menu HTML (Bukan Compose). Silahkah kamu ketik  "100 m<sup>2</sup>". Karena kita membuat tanda persegi maka yang akan kita buat menjadi supscript adalah angka 2. Jadi angka 2 tersebut harus di apit oleh kode “sup” tersebut, di buka dengan  <sup> dan di tutup dengan  </sup>. Yang membedakan kode pembuka dan penutup adalah pada tanda slash (“/” ), pada kode pembuka tidak memakai tanda slash dan di penutup harus di tambahkan kode slash tersebut. Dalam hal ini berlaku juga dalam pembuatan tanda Kubik sebagai simbol volume benda. Misal 100 m³ jadi penulisannya dalam html menjadi 100 m<sup>3</sup>

Cara 2 # Menggunakan Kombinasi angka yang langsung bisa dilakukan melalui menu Compose pada kanvas postingan yaitu Kombinasi Alt + 0178 (untuk tanda kwadrat/persegi) dan Alt + 0179 (untuk tanda kubik). Caranya : letakkan kursor pada tempat yang akan di beri tanda persegi atau kubik. Tekan dan tahan tanda Alt sembari mengetikkan angka 0178 atau 0179, lalu secara otomatis akan muncul tanda persegi atau kubik.

Membuat Simbol Pangkat Bawah

Dalam membuat tanda persamaan kimia biasanya meliputi tanda superscript yang sudah dibahas di atas tadi dan juga tanda angka yang terlihat lebih kecil menjorok ke bawah suatu tulisan normal yang disebut Subscript (pangkat Bawah) dengan kode “SUB”.
Sebagai Contoh kita membuat tanda “H2O" =Hujan-Hujan pun Oke…. he..he.. bercanda (artinya simbol Kimia dari “Air”).

Caranya # Tulis atau ketik tanda tersebut pada menu HTML. Dan angka 2 tersebut kita akan dibuat subscript. Jadi penulisannya menjadi H<sub>2</sub>O. Jadi tanda 2 tersebut harus di apit dengan kode “sub” dengan membuka dan menutupnya (membuka tanpa slash dan menutup harus ada tanda slash “/”).

Cukup mudah bukan?…. Sekarang kita telah bisa membuat tanda kuadrat, persegi dan kubik. Silahkan praktekkan, semakin sering dipraktekkan pasti akan menjadi terbiasa dan mudah. Semoga bermanfaat. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Membuat Simbol Superscript & Subscript pada sebuah Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel