Skip to main content

Mau Catak Foto? Inilah Jenis Kertas dan Ukuran Standar Foto dan Pas Foto

Mengetahui Jenis sebuah kertas dalam mencetak dan dan ukuran-ukuran foto yang ada adalah sebuah yang wajib di ketahui bagi percetakan dan orang-orang yang mempunyai minat, bahkan hanya sekedar ingin berkreatifitas sendiri untuk mencetak foto yang diinginkan.


Berikut macam jenis:

Jenis Kertas Foto

Sebuah hasil cetak akan terlihat baik jika memiliki sebuah komponen selain tinta dan printer yang baik adalah sebuah jenis kertas cetak yang baik pula. Kertas tersebut dapat mempengaruhi permukaan foto secara keseluruhan termasuk tekstur, kejelasan warna, kontras dan jenis fotografi.

Dalam dunia percetakan, kertas yang digunakan untuk mencetak sebuah foto memiliki beberapa jenis:

1. Kertas Glossy
Kertas ini merupakan sebuah jenis kertas berlapis sangat halus, mengkilap dan permukaan reflektif. Dalam hasil yang diciptakan memberikan sebuah Kualitas hasil akhir terlihat hidup dalam warna dan tajam. Menghasilkan dan menawarkan saturasi warna yang cerah. Tidak menghasilkan tampilan yang bertekstur ketika dipindai dan atau diubah menjadi format digital.

Dengan kelebihan yang ada ternyata kertas ini memiliki sebuah kelemahan, yaitu permukaan foto cenderung menempel pada kaca ketika dibingkai.

Untuk kertas jenis ini sering terlihat rentan pada saat dipegang tanpa sarung tangan sehingga menimbulkan sidik jari dan noda. bahkan dibersihkan memakai kain halus atau kapas pun masih bisa meninggalkan goresan.

Selain itu juga , jika setelah dilakukan cetak foto maka warna hasil print rawan memudar jika kertas ini disimpan di tempat terbuka

Dengan kelebihan dan kekurangan yang ada, kertas ini masih cukup favorit dan populer di Indoneisa  juga digunakan untuk menghasilkan foto yang bening dan cerah, sekaligus perlu perlakuan pemeliharaan yang cukup hati-hati. Ukuran standar yang sering beredar adalah ukuran 120 gsm – 240 gsm

2. Matte (Doff)
Kertas Foto dengan jenis kualitas matte dianggap selalu memiliki permukaan halus dan tidak mengkilat di permukaan. Kontras warna lebih rendah, akan tetapi memiliki kelebihan pada tekstur cetak dan  kertas foto ini cukup awet dan tidak akan menimbulkan bekas meski sering dipegang
(sidik jari yang tidak terlihat)

Jenis ini sangat baik terutama untuk foto hitam putih yang menghasilkan tampilan klasik. Dalam kebanyakan situasi, sering digunakan oleh profesional dan mampu menghasilkan tampilan profesional berkualitas tinggi.

Selain itu juga, Kertas Mette dam kerjanya cukup cepat menyerap tinta sehingga dapat dipakai untuk memperbaiki hasil foto meski menggunakan tinta dan printer kualitas rendah

Kualitas Matte juga merupakan pilihan yang baik untuk framing dan cocok untuk potret, pernikahan dan foto bayi. Muncul dengan kelas yang berbeda dan lebih sulit untuk tergores. Namun, tekstur pada matte dapat membuat foto terlihat kasar dan mungkin menghasilkan tekstur terlihat jika dipindai atau dikonversi ke format digital.

3. Luster
Laster photo paper menjadi kertas foto untuk jangka panjang dan biasanya digunakan untuk keperluan dokumenter. Daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun tidak akan mudah pudar serta mampu menghasilkan efek doff. Pada bagian permukaannya mirip kulit jeruk, sedikit lapisan kilauan yang halus dan tekstur seperti muatira.

Kertas ini dapat memberikan sebuah saturasi warna lebih dalam daripada kualitas matte, lebih tinggi dalam kontras warna dan lebih tebal pada kertasnya. Sidik jari yang tidak terlihat, anti silau, tampak profesional dengan kertas berkualitas tinggi dan terbaik untuk bingkai di dinding. Hasil Foto ini juga mampu untuk menangkap kualitas terbaik mengkilap dari sedikit lapisan glossy dan matte dengan menggabungkannya ke dalam satu hasil yang indah. Kertas ini cocok untuk foto-foto dengan resolusi dan akan terlihat profesional

4. Metallic
Jenis Kertas Metalic bisa menghasilkan hasil cetak yang mengkilap dan kaya warna dengan penampilan seperti chrome.

Lapisan halus dengan tampilan metalik, mencolok, khas seperti logam, meningkat kontras warna untuk dampak yang lebih kaya dan ketajaman yang luar biasa.Kertas ini juga bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama

5. Kertas Canvas
Kertas untuk Jenis ini termasuk dalam kertas yang culup populer digunakan juga setelah kertas glossy. Tekstur dari kertas ini menyerupai kanvas dan lebih mirip dengan dengan Canvas lukisan, agak kasar, ada garis-garis dan hasil yang dibuat bisa sangat bagus.

Dengan daya serap yang cepat dari kertas tersebut menciptakan sebuah pengeringan foto yang cukup cepat. Di pasaran kertas Canvas foto memiliki ketebalan minimal 180 gsm.

6. Kertas Inkjet
Kertas Inkkjet memiliki bentuk dan tekstur biasa namun sanggup bertahan dari cairan. Dengan kertas Inkjet Anda tidak perlu khawatir akan kepudaran warna akibat air. Bandingkan dengan berbagai jenis kertas lain yang mungkin bisa luntur dengan sedikit air.

Dengan ketebalan yang tipis agaknya kertas Inkjet memang bukan didesain khusus untuk kebutuhan foto konvensional melainkan lebih cocok untuk membuat sketsa, grafik bar, kalender, poster dan lain-lain. Kelebihan lainnya, kertas Inkjet mampu memberikan warna dan hasil gambar jelas serta tajam.

7. Kertas Double-Side
Sesuai namanya Double-Side kertas ini dapat dimanfaatkan untuk mencetak foto di kedua sisi kertas. Kualitas foto yang akan dihasilkan dianggap cukup bagus, meski hasilnya tidak terlalu mengkilap atau bahkan cenderung doff.  Double-Side mungkin sangat cocok digunakan kebutuhan percetakan pamflet atau brosur untuk sarana promosi. Tentu saja dengan kedua sisi dapat digunakan membuat ongkos cetak lebih irit.

Itulah beberapa jenis kertas yang mungkin ada dapat gunakan dan cari untuk keperluan cetak gambar atau foto yang anda inginkan.

Untuk selanjutnya, kertas sudah didapat, lantas kita akan mencetak dengan ukuran berapa? berikut ukuran-ukuran yang dapat dipakai dan digunakan dalam ukuran standar foto pada umumnya.

Ukuran Standar Foto dan Pas Foto

Ukuran Pas Foto

Ukuran sebuah pas poto memiliki beberapa jenis dan diperlihatkan dengan sebuah angka yang menunjukan ukuan panjang dan lebarnya. Namun dari ukuran yang ditunjukkan tersebutsebenarnya ternyata memiliki perbedaan ukuran dengan keadaan yang sebenarnya.

Berikut ukuran pas foto yang sering di pakai dan di gunakan dengan ukuran standar yang sebenarnya:

Pas foto 2×3 
Ukuran pas foto ini memiliki ukuran sebenarnya yaitu : 2,2 cm x 3,0 cm

Pas foto 3×4 
Ukuran pas foto ini memiliki ukuran sebenarnya yaitu : 2,8 cm x 3,8 cm

Pas foto 4×6
Ukuran pas foto ini memiliki ukuran sebenarnya yaitu : 3,8 cm x 5,6 cm

Pas foto 6×9 (Ukuran 2 R)
Ukuran pas foto ini memiliki ukuran sebenarnya yaitu : 5,6cm x 8,9 cm 

Ukuran Foto Seri R dalam MM, CM, dan Inchi

Dalam istilah ukuran foto juga dikenal dengan istilah R. Taukah anda mengapa ukuran sebuah foto sering menggunakan istilah R tersebut?

Huruf R ini merupakan huruf pertama yang diambil dari kata Ratio yang artinya perbandingan antara panjang dan lebar foto. Satuan R merupakan satuan yang khusus teristimewa untuk sebuah dimensi yang berhubungan dengan dunia cetak mencetak atau print foto. R tersebut digunakan untuk satuan ukuran foto karena merupakan seri yang telah ditetapkan oleh standar internasional ISO (Internasional Organization for Standardization) yaitu suatu Organisasi Internasional untuk Standarisasi.

Berikut jenis-jenis ukuran berasarkan Seri R

Ukuran Foto 2R
Foto 2R , ukuran dalam mm adalah 60 x 90 milimeter.
Foto 2R , ukuran dalam cm adalah 6 x 9 centimeter.
Foto 2R , ukuran dalam inchi adalah 2,3 x 3,5 inci.

Ukuran Foto 3R
Foto 3R , ukuran dalam mm adalah 89 x 127 milimeter.
Foto 3R , ukuran dalam cm adalah 8,9 x 12,7 centimeter.
Foto 3R , ukuran dalam inchi adalah 3,5 x 5 inci.

Ukuran Foto 4R

Foto 4R , ukuran dalam mm adalah 102 x 152 milimeter.
Foto 4R , ukuran dalam cm adalah 10,2 x 15,2 centimeter.
Foto 4R , ukuran dalam inchi adalah 4 x 6 inci.

Ukuran Foto 5R
Foto 5R , ukuran dalam mm adalah 127 x 178 milimeter.
Foto 5R , ukuran dalam cm adalah 12,7 x 17,8 centimeter.
Foto 5R , ukuran dalam inchi adalah 5 x 7 inci.

Ukuran Foto 6R
Foto 6R , ukuran dalam mm adalah 152 x 203 milimeter.
Foto 6R , ukuran dalam cm adalah 15,2 x 20,3 centimeter.
Foto 6R , ukuran dalam inchi adalah 6 x 8 inci.

Ukuran Foto 8R
Foto 8R , ukuran dalam mm adalah 203 x 254 milimeter.
Foto 8R , ukuran dalam cm adalah 20,3 x 25,4 centimeter.
Foto 8R , ukuran dalam inchi adalah 8 x 10 inci.

Ukuran Foto 10R
Foto 10R , ukuran dalam mm adalah 254 x 305 milimeter.
Foto 10R , ukuran dalam cm adalah 25,4 x 30,5 centimeter.
Foto 10R , ukuran dalam inchi adalah 10 x 12 inci.

Ukuran Foto 11R
Foto 11R , ukuran dalam mm adalah 279 x 356 milimeter.
Foto 11R , ukuran dalam cm adalah 27,9 x 35,6 centimeter.
Foto 11R , ukuran dalam inchi adalah 11 x 14 inci.

Ukuran Foto 12R
Foto 12R , ukuran dalam mm adalah 205 x 381 milimeter.
Foto 12R , ukuran dalam cm adalah 20,5 x 38,1 centimeter.
Foto 12R , ukuran dalam inchi adalah 8 x 15 inci.

Ukuran Foto 14R
Foto 14R , ukuran dalam mm adalah 355 x 431 milimeter.
Foto 14R , ukuran dalam cm adalah 35,5 x 43,1 centimeter.
Foto 14R , ukuran dalam inchi adalah 14 x 17 inci.

Ukuran Foto 16R
Foto 16R , ukuran dalam mm adalah 406 x 508 milimeter.
Foto 16R , ukuran dalam cm adalah 40,6 x 50,8 centimeter.
Foto 16R , ukuran dalam inchi adalah 16 x 20 inci.

Ukuran Foto 20R
Foto 20R , ukuran dalam mm adalah 508 x 609 milimeter.
Foto 20R , ukuran dalam cm adalah 50,8 x 60,9 centimeter.
Foto 20R , ukuran dalam inchi adalah 20 x 24 inci.

Ukuran Foto 22R
Foto 22R , ukuran dalam mm adalah 508 x 749 milimeter.
Foto 22R , ukuran dalam cm adalah 50,8 x 74,9 centimeter.
Foto 22R , ukuran dalam inchi adalah 20 x 29,5 inci.

Ukuran Foto 24R
Foto 24R , ukuran dalam mm adalah 609 x 800 milimeter.
Foto 22R , ukuran dalam cm adalah 60,9 x 80 centimeter.
Foto 22R , ukuran dalam inchi adalah 24 x 31.5 inci.

Ukuran Foto 30R
Foto 30R , ukuran dalam mm adalah 762 x 1016 milimeter.
Foto 30R , ukuran dalam cm adalah 76,2 x 101,6 centimeter.
Foto 30R , ukuran dalam inchi adalah 30 x 40 inci.

Berikut Ukuran Foto Seri R dengan data berupa tabel:
Foto Seri R Milimeter Centimeter Inchi
2R 60 x 90 6,0 x 9,0 2,3 x 3,5
3R 89 x 127 8,9 x 12,7 3,5 x 5
4R 102 x 152 10,2 x 15,2 4 x 6
5R 127 x 178 12,7 x 17,8 5 x 7
6R 152 x 203 15,2 x 20,3 6 x 8
8R 203 x 254 20,3 x 25,4 8 x 10
8R Plus 203 x 305 20,3 x 30,5 8 x 12
10R 254 x 305 25,4 x 30,5 10 x 12
10R Plus 254 x 381 25,4 x 38,1 10 x 15
11R 279 x 356 27,9 x 35,6 11 x 14
11R Plus 279 x 432 27,9 x 43,2 11 x 17
12R 305 x 381 30,5 x 38,1 12 x 15
12R Plus 305 x 457 30,5 x 45,7 12 x 18
14R 355 x 431 35,5 x 43,1 14 x 17
16R 406 x 508 40,6 x 50,8 16 x 20
16R Plus 406 x 609 40,6 x 60,9 16 x 24
20R 508 x 609 50,8 x 60,9 20 x 24
20R Plus 508 x 711 50,8 x 71,1 20 x 28
22R 508 x 749 50,8 x 74,9 20 x 29,5
24R 609 x 800 60,9 x 80 24 x 31.5
24R Plus 609 x 901 60,9 x 90,1 24 x 35.5
30R 762 x 1016 76,2 x 101,6 30 x 40
Akhir kata_____________
Itulah kumpulan jenis dan ukuran yang dapat dipilih dan diterapkan dalam proses mencetak sebuah foto yang anda inginkan.

Demikian semoga dapat membantu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close