Cara Gratis dan Cepat Memperoleh Download Driver Komputer

Anda pasti sudah akrab dengan kata komputer. Sebuah alat yang membatu kita dalam pekerjaan kantoran, dalam menciptakan sebuah macam-macam program dalan dunia Teknologi Informasi, bahkan hanya sekedar untuk bermain game sekalipun.

Dalam sebuah komputer terdapat 2 jenis lpernagkat yang saling mendukung, yatu perangkat keras ( hardware) dan perangkat lunak (software). Kedua perangkat tersebut akan bekerja secara dengan baik jika dalam sistem kerjanya saling terhubung.

Bagimana kedua perangkat itu dapat terhubung? jawabannya adalah denganadanya sebuah Driver. Driver merupakan  software yang memiliki tugas mengontrol hardware yang terpasang di komputer agar bisa terkoneksi dengan OS, aplikasi lain atau perangkat yang lain. Jadi driver itu memiliki fungsi yang sedikit berbeda dengan software umumnya. Driver merupakan komponen penunjang yang bersifat khusus.

Dalam WIkipedia Driver dalam istilah komputer diartikasn sebagai sebagai Pemacu peranti atau istilah teknologi yang mewakili perangkat lunak yang tugasnya menghubungkan perangkat keras. Hardware tidak bisa digunakan bila tidak ada driver yang tepat terinstal di komputer

Jika Anda memiliki sebuah perangkat keras yang baru misalnya Wi-Fi, LAN, Keyboard, Printer, Mouse, VGA  atau yang lainnya, Perangkat itu bisa tersambung dengan sebuah komputer atau OS jika sebuah driver khusus milik hardware keras masing-masing dipasangkan atau di instal terlebih dahulu dalam Sistem Operasi tersebut.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin canggih, dan aplikasi-aplikasi yang semakin maju, maka diver pun perlu diperbaharui untuk mendukung sebuah perangkat lunak lain atau aplikasi lain bekerja dengan baik.

Sering kita jumpai, bahwa disaat saat kita memperoleh sebuah aplikasi yang baru, ternyata perlu sebuah dukungan driver yang baru pula.

atau mungkin saat komputer kita rusak, dan ingin menginstal ulang, kita perlu mencari sebuah driver untuk mengaktifkan semua perangkat keras yang menempel didalam komputer kita bahkan yang lebih terupdate.

Dalam sebuah paket Laptop atau PC bisanya sudah tersedia CD yang dibawakan sebagi Driver Komputer anda.  bagai mana jika driver, driver itu hilang, caranya dlah dengan mencarinya diberbagai tempat.

Saat ini banyak situs yang menyediakan sebuah aplikasi untuk menditeksi semua driver yang ada danmencarikan drivernya untuk anda, namun kebanykan Aplikasi atau situ-situs tersebut merupakan sebuah aplikasi trial dan berbayar. Jika akda inggin menggunakan aplikasi tersebut secara full harus membelinya sebagai member premium.

Nah, kali ini saya mencoba membagikan sebuak aplikasi ringan dan gratis, yang dapat digunakan untuk menganalisis driver-driver apa saja yang hilang atau belum terinstal dan driver yang perlu diperbaharui dengan versi terbarunya.

Disamping itu juga aplikasi tersebut, menyediakan sebuah link untuk mendownload driver yang diperlukan dari sumber aslinya (official) maupun dari sumber milik penyedia aplikasi tersebut.

Aplikasi tersebut adalah Driver Identifier.

Driver Identifier dapat menditeksi atau menganalisis driver baru atau yang perlu diupdate baik secara online dan offline. dan kemudian akan menampilkan list driver-driver yang diperlukan. selanjutnya silahkan downlouad sesuai yang driver yang dipilih

Hanya tiga langkah : Install, Scan, dan Download
Aplikasi ini menyediakan semua driver untuk Sistem operasi Windows XP, Vista, WIN7, WIN8, dan WIN10


Cara Mendapatkan Driver melalui Driver Identifier

Langkah menginstal dan mendapatkan drivernya adalah
1. Download Aplikasinya pada situs resminya DriverIdentifier
2. Setelah mendapatkan masternya, silahkan install pada komputer atau laptop yang ingin dicari driver atau update drivernya tersebut. 


  • Double klik master Driver identifier tersebut
  • Pilih I Agree---> Next---> Finish
3. Buka Aplikasi Driver identifier, lalu klik SCAN. Bila komputer anda tidak terkoneksi dengan internet silahkan cek list : "I dont have intenet konection". Jika komputer anda terkoneksi, pilihan  I dont have intenet konection tidak  perlu diconteng



4. Untuk yang tidak terkoneksi dengan internet: Tunggu proses identifikasi driver tersebut, sampai pada tahap penyimpanan file HTML . yang kemudian anda bisa simpan (Driver.html)pada Flash disk, untuk di buka pada PC/Laptop lain yang terkoneksi dengan internet.

5. Untuk yang terkoneksi dengan internet, anda akan diarahkan pada list versi web untuk semua driver yang perlu di instal atau di downlaod tadi. Lalu pilih salah satu yang akan di instal atau di update hingga nanti diarahkan pada halaman download driver masing-masing yang dipilih.


6. Setelah pilih daan klik link download yang anda inginkan, maka anda akan diberikan sebuah pilihan link download baik dari Link Official atau dari Link langsung dari Driver Identifier. tetapi sebagai catatan: anat anda akan diminta untuk memiliki account terlebih dahulu, jika baru pertama kali menggunakan silahkan pilih Register for a new account--> register atau jika sudah punya account Driver Identifier, anda bisa langsung login.

7. Klik Download. Tunggu proses download selesai.

8. Siap di instal di komputer yang memerlukan driver baru tersebut.

Untuk saat ini, sepertinya ada beberapa pembatasan, bahwa Link Download yang disediakan langsung dari server Driver identifier harus menjadi member premium dulu. Tetapi untuk tujuan Link yang disediakan Official tetap bisa didownload secara gratis.

Selamat mencoba terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Gratis dan Cepat Memperoleh Download Driver Komputer "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel