Skip to main content

Wajib tau!! Kode Alfabet : Alfa Bravo Charlie Echo Fanta - bagi CS dan Operator Telepon + Radio

Sebuah pengalaman sebagai fornt liner atau admision di sebuah rumah sakit swasta. Membuat saya harus mengetahui dan menguasai produk yang kita tawarkan dan semua perjanjian yang sudah terjadi dalam kerjasama antar kedua belah instansi yang menjalin kerja sama.

Pengalaman ini terjadi dalam situasi dimana soeorang admission harus melakukan konfirmasi pasien masuk rawat iniap dalam sebuah rumah sakit.


Dalam sebuah konfirmasi tersebut terjadi percakapan melalui call center telpon. Didalam percakapan tersebut ada hal-hal yang harus tepat dalam penyebuatanny, seperti sebutan nama yang tidak boleh salah maka harus di eja atau spelling satu persatu, juga seperti penyebutan account email yang harus tepat, jika tidak tepat berkas yang dikirim melalui email pasti tidak akan sampai.

Untuk memudahkan hal tersebut yaitu pengejaan / spelling sebuah kalimat, maka seorang CS atau front liner dan tidak kalah pentingnya bagi seorang operator telepon mengetahui dan bisa melakukan spelling atau pengejaan sebuah kalimat yang benar.

Contohnya saja menyebuatkan sebuag email: "Yoeliana@charitas.com", kalau anda amati seseorang bisa saja menyebutkan dengan bunyi yuliana et karitas dot kom, dengan hanya menyebutkan kalimat saja ternyata bisa terjadi salah persepsi dan berkas yang dikirimkan juga tidak akan samapi jika memberi informasinya tidak benar.

Jadi alangkah lebih baik kalau kita menggunakan sistem eja kalimat yang benar dengan sistem kode alfabet pada umumnya. Contoh penyebutannya menjadi menjadi seperti ini:  Yankee oscar echo Lima india alpha nano alpha @ charlie hotel alpha nano alpha sierra . com

Kode kode tersebut merupakan sebuah pelafalan yang dilakukan dalam komunikasi radio maupun telepon yang sering disebut sebagai international radiotelephony spelling alphabet atau Alfabet Fonetik dan Kode Angka ITU, atau alfabet fonetik NATO

Semua kode tersebut disesuaikan dengan huruf-huruf alfabet Inggris, jadi huruf dan angkanya harus bisa diucapkan dan dipahami oleh orang-orang yang bertukar pesan suara lewat radio atau telepon tanpa memandang bahasa ibu atau kualitas saluran komunikasinya jadi kode tersebut sifatnya universal.

Daftar spelling yang sering kita pakai sekarang merupakan kode yang diadopsi pertama kali oleh  ITU (International Telecommunication Union) pada tahun 1927.

Dalam sebuah radio atau percakapan biasanya memiliki huruf-huruf dengan dengan ambang kemiripan yang dekat seperti huruf A mirip dengan H, huruf D bermiripan dengan lafal huruf G, B, dan masih ada beberapa langi yang memerlukan spelling yang khas.

Didalam pengejaan sebuah kalimat, tenyata sudah ada ketetapan kode versi International namun di lain kesempatan dalam versi lain pun tersedia yaitu versi British dan Versi Indonesia.

Berikut Kode Alfabet yang sebaiknya kita ketahui dan dipakai untuk memperlancar komunikasi sesama pengguna jasa telekomunikasi baik Call Center, Operator Telepon, Customer service, bahkan pengguna jaringan telekomunikasi Radio.


International Indonesia British
A: Alpha A : Ambon A : Andrew
B: Bravo B : Bandung B : Benjamin
C: Charlie C : Cepu C : Charlie
D: Delta D : Demak D : David
E: Echo E : Ende E : Edward
F: Foxtrot / Fanta F : Flores F : Fredrick
G: Golf G : Garut G : George
H: Hotel H : Halong H : Harry
I: India I : Irian I : Issac
J: Juliet J : Jepara J : Jack
K: Kilo K : Kendal K : King
L: Lima / London L : Lombok L : Lucy
M: Mike / Mama M : Medan M : Marry
N: November / Nano N : Namlea N : Nelly
O: Oscar O : Opak O : Oliver
P: Papa P : Pati P : Peter
Q: Quebec / Queen Q : Quibek Q : Queen
R: Romeo R : Rembang R : Robert
S: Sierra S : Solo S : Sugar
T: Tango T : Timor T : Tommy
U: Uniform / Ultra U : Ungaran U : Unkle
V: Victor V : Viktor V : Victory
W: Whiskey W : Wilis W : William
X: X-ray X : Ekstra X : Xmas
Y: Yankee Y : Yongki Y : Yellow
Z: Zulu / Zebra Z : Zainal Z : Zebra

Sekian sharing dari saya, semoga anda yang sedang mencari secara baku pengejaan huruf dalam sebuah kalimat untuk berkomunikasi dengan pasangan bicara anda, semoga anda sekarang sudah tidak binggung lagi untuk menerapkannya.

Selamat mencoba....
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close