Skip to main content

Perbedaan Prudential SOS, Medillum Fullerton, dan Admedika

Perbedaan Prudential SOS, Medillum Fullerton, dan Admedika
Prudential merupakan salah satu perusahaan asuransi tersebesar besar yang berpartisipasi dalam memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat di Indonesia.

Prudential dalam memberikan layanan kesehatan, khususnya mengenai pembiayaan rumah sakit untuk rawat inap menawarkan pembiayaan Cashless yang ditandai dengan Kartu Kesehatan Prudential.



Yang berhak menerima kartu tersebut adalah nasabah yang memilih atau memiliki sebuah produk kesehatan dari prudential yaitu Pru Hospital & Surgeical (PruHS) dan atau PruPrimeHealthCare (PPH).

Dalam proses pembiayaan dan penangan administrasi pada rumah sakit rekanan, asuransi prudential tidak secara langsung turun mengangani administrasi secara praktis dengan rumah sakit yang bersangkutan, melainkan melimpahkan segala urusan administrasi rumah sakit dengan pihak lain yaitu Asuransi Fullerton Health Indinesia (Medillum/Global), SOS International (PT Asih Eka Abadi) dan Admedika (PT. Administrasi Medika).


Dengan kata lain, asuransi-asuransi tambahan tersebut merupakan pihak ketiga dalam layanan administrasi yang dapat membantu perusahaan asuransi lain atau perusahaan sumber daya manusia untuk menjembatani klaim pemegang polis atau karyawan mereka dengan penyedia perawatan medis nasional maupun regional.

Biasanya layanan yang ditawarkan puhak ketiga tersebut adalah layanan manajemen otorisasi, manajemen kasus, manajemen klaim, manajemen tinjauan pemanfaatan, dan manajemen data keanggotaan.

Jika anda pemegang Kartu Asuransi prudential, pasti di dalam kartu tersebut ada tambahan logo asurasi pihak ketiga tersebut.

Maka, bila anda akan menggunakan kartu tersebut, teliti dahulu logo tambahanan pihak ketiga tersebut untuk memastikan rumah sakit mana yang bekerjasama dengan asuransi pihak ke tiga tersebut.

Tidak semua kartu asuransi pudential dapat digunakan pada rumah sakit yang sama, karena dalam satu rumah sakit belum tentu bekerjasama sekaligus dengan asuransi pihak ketiga tersebut.

Perbedaan Prudential SOS, Medillum Fullerton dan Admedika

Ada beberapa orang bertanya? enakan mana pakai Prudential SOS, Prudential Medillum/Fullerton atau Prudential admedika.

Jawabannya adalah relatif, karena di sebuah kota dimana anda berada, belum tentu rumah sakit yang ada bekerjasama sekaligus dengan ke tiga asuransi pihak ke tiga tersebut.

Perbedaan perbandingan kemudahan tersebut akan nampak jika rumah sakit-rumah sakit yang ada kota anda memang sudah seluruhnya atau melayanai ke tiga asuransi tersebut.

Prudential pada dasarnya memilih ketiga asurasi rekanan tersebut dengan seleksi terlebih dahulu. sehingga diharapkan, nasabah yang memegang kartu asuransi prudential dapat terlayanai dengan layanan yang sama dan mutu layananan yang baik.

Jadi yang membedakan ketiga Asuransi tambahan tersebut (Admedika, Fullerton, dan SOS), selama yang saya amati adalah

1. Proses konfirmasi awal pasien masuk rumah sakit;
  • Admedika: Menggunakan proses Swipe Card. (memungkinkan lebih cepat dalam proses konfirmasi diagnosa awal masuk, sehingga pasien lebih cepat mendapat kepastian di tanggung atau tidak)
  • SOS: Menggunakan proses telpon ke Call Center untuk konfirmasi masuk dan diagnosa awal.
  • Medillum: Menggunakan proses telpon ke Call Center utnuk konfirmasi masuk dan diagnosa awal.
2. Kecepatan Konfirmasi obat, tindakan dan pulang.
  • Prudential mengharapkan semua asuransi pihak ketiga memberikan layanan yang terbaik. tetapi pada kenyataannya, memang ada perbedaan dalam proses konfirmasi, tindakan, obat bahkan proses pulang pasien. 
  • Menurut pengalaman dan penilaian saya dari urutan yang tercepat adalah 1. Admedika, 2. SOS dan 3. Medillum. Tetapi itu tidak mutlak, bisa saja berbeda dengan yang anda alami.

2. Jaringan rumah sakit rekanan
  • Jumlah jaringan rumah sakit rekanan di setiap daerah, selalu berbeda.
  • Dari pengamatan yang saya lakukan, tingkatan jaringan yang dimiliki di Indonesia dan Luar Negeri dari yang paling besar adalah 1. Medillum/ Fullerton 2. SOS dan 3. Admedika
Itulah sepenggal pengalaman terhadap pengamatan perbedaaan asuransi pihak ketiga yang bekerjasama dengan prudential. Mungkin belum terlalu lengkap, tapi semoga dapat menambah informasi bagi anda.

Untuk melihat daftar rumah sakit rekanan Prudential secara lengkap silahkan lihat dan download pada artikel berikut: Daftar Seluruh RS Rekanan Prudential terupdate
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar