Skip to main content

Cara Menggunakan Kartu Prudential di Rumah Sakit Rekanan

PT. Prudential Indonesia merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan yang terbesar di Indonesia.

Dalam pelayanan kepada para nasabahnya, asuransi tersebut memberikan sebuah pilihan untuk menentukan produk-produk apa saja yang akan dipilih, dan juga itu tidak terlepas dari perasn para tenaga pemasarannya dalam memberukan promosi kepada nasabahnya.

Dalam pilihan produk-produk asuransi yang ditawarkan tersebut, salah satu yang sering ditawarkan kepada para nasabahnya adalah sebuah produk jaminan kesehatan perawatan di rumah sakit.



Sebuah fenomena kejadiaan yang membutuhkan respon cepat terhadap penyakit yang harus segera ditangani, serta peristiwa kecelakaan yang tidak bisa diduga-duga, 

Ada juga kondisi dimana seorang nasabah tidak bisa semerta-merta mengeluarkan uang cash untuk biaya perawatan tersebut karena alasan tertentu.

Beberapa hal tersebut membuat pihak asuransi bertindak cepat dan tepat untuk memberikan sebuah produk asuransi demi kenyamanan para nasabahnya. yaitu menciptakan sebuah produk layanan Rawat inap Cashless (Masuk rumah sakit tanpa mengeluarkan biaya langsung dari pihak nasabah asuransi tersebut).

Produk yang dimaksud adalah PruHospital & Surgical (PruHS) serta PruPrime HealthCare (PPH).

Untuk PruHospital & Surgical (PruHS) saat ini bisa digunakan diseluruh rumah sakit rekanan yang ada di Indonesia, sedangkan PruPrime HealthCare (PPH) memiliki kelebihan tersendiri selain bisa di gunakan di rumah sakit rekanan di Indonesia, kartu tersebut juga sudah bisa digunakan di Malaysia, Singapura, Thailan, Philipina dan Kamboja.

Dalam mengcover seluruh layanan biaya perawatan selama pasien atau nasabah, prudential menggandeng beberapa perusahaan asuransi besar lainnya seperti Fullerton Indonesia, SOS dan Admedika untuk mempermudah proses Cashless dirumah sakit serta meningkatkan kenyamanan dalam proses administrasi di rumah sakit.
 
Produk Prudential tersebut diberikan sebuah fasilitas sebuah tanda yaitu Kartu Asuransi (Kartu Prudential). Didalam kartu tersebut memiliki 3 varian yaitu Kartu Prudential dengan Logo tambahan
  • Prudential Logo Global Assistance/Medilum/Fullerton Health
  • Prudential Logo SOS (PT. Asih Eka Abadi)
  • Prudential Logo Admedika (Administrasi Madika)

Hal yang perlu diperhatikan sebelum proses rawat inap 

Lalu setelah anda memperoleh produk tersebut, pasti sedikit banyak telah memperoleh penjelasan dari tenaga pemasarannya (agen), bagaimana cara menggunakan kartu tersebut.

Tetapi kalau anda ternyata masih kurang jelas, sebenarnya menggunakan kartu tersebut sangatlah sederhana/ simpel. 

Tetapi sebelum anda mencoba menggunakan kartu tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

1. Pastikan rumah sakit yang anda datangi telah menjalin kerjasama dengan salah satu 3 asuransi rekanan prudential, apakah itu Fullerton health (dulu Global assistance-Medillum), SOS (PT Asih Eka Abadi, atau Admedika).

Maka cermati, Kartu berlogo tambahan apakah Kartu Prudential Anda?  Mengapa demikian?

Karena secara garis besar yang bekerjasama dengan rumah sakit bukanlah Prudential secara langsung, melainkan diwakilkan oleh Tiga asuransi tambahan tersebut yang langsung berhubungan dengan rumah sakit yang anda kunjungi.

2. Pastikan sebisa mungkin Kartu Prudential di bawa saat anda akan masuk rawat inap rumah sakit. 

Mengepa demikian?

Persoalannya adalah, saat anda akan mendaftarkan diri sebagai pasien rawat inap di rumah sakit yang anda tuju. Diawal registrasi, Kartu prudential pasti akan ditanyakan untuk proses penjaminan dirumah sakit.

Nah, bagaimana kalau lupa membawa kartu tersebut?

Dalam hal ini Prudential dan pihak rumah sakit biasanya memberikan kelonggaran untuk menunjukkan kartu prudential tersebut kepada pihak rumah sakit paling lambat 2 X 24 jam.

Dalam kurun waktu tersebut anda bisa mengambilnya dulu, sembari pasein menerima perawatan. Bila melebihi tenggang waktu tersebut, biasanya akan di kenakan sistem Reimbursment (bayar dulu baru kalim sendiri ke prudential)

3. Pastikan anda mengetahui plafon biaya perawatan rumah sakit yang didapat dari Prudential.

Mengapa demikian?

Hal tersebut untuk mempermudah proses penentuan biaya kamar perawatan rumah sakit. 

Tetapi jika anda lupa akan plafon biaya rumah sakit tersebut, anda bisa minta bantuan untuk informasinya kepada tenaga pemasaran anda,  Call Center Prudential, PHF (pruhospital friend) yang ada di daerah anda atau pun langsung kepada pihak rumah sakit yang dituju.

Dalam hal ini, jika biaya keseluruhan yang dialami diperawatan rawat inap adalah sesuai plafon, pasien akan keluar tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Tetapi Jika biaya perawatan melebihi plafon yang didapat dari Prudential, pasien harus membayar selisih biaya perawatan rumah sakit tersebut sebelum pasien meninggalkan rumah sakit.

Cara Menggunakan Kartu Prudential 

Setelah memperhatikan 3 hal tersebut di atas, anda siap menggunakan fasilitas kesehatan tersebut di rumah sakit yang anda tuju, dengan cara.

1. Pilih kamar perawatan sesuai keinginan anda dan sesuaikan juga dengan plafon yang anda miliki.

2. Saat registrasi masuk Rawat inap, silahkan tunjukkan kartu prudential kepada petugas admissi atau Registrasi Rawat inap rumah sakit (Bisa oleh keluarga pasien ataupun dibantu oleh tenaga pemasaran)

3. Kartu akan diproses untuk laporan awal masuk rawat inap ke asuransi rekanan prudential tersebut oleh petugas Admission rumah sakit

4. Setelah proses registrasi selesai, silahkan anda masuk rawat inap. Selama perawatan, semua biaya yang terjadi di rumah sakit akan diurus langsung antara rumah sakit dan pihak asuransi. Anda Cukup mengunggu sampai waktunya pulang.

5. Setelah anda sehat dan diperbolehkan pulang. Anda akan menerima pemberitahuan dari pihak rumah sakit terhadap biaya yang terjadi. Bila biaya rumah sakit sesuai plafon yang anda miliki, anda cukup tanda tangan berkas dan silahkan melanjutkan perjalanan pulang. Tetapi jika ada terjadi selisih biaya perawatan, anda diharapakn membayar selisih biya perawatan sebelum anda pulang.


Demikianlah cara penggunaan kartu prudential dirumah sakit. emoga artikel ini bisa berguna bagi para pembaca dan secara khusus bagi nasabah prudential.

Informasi Tambahan Call Center Prudential

  • Medillum / Fullerton Health : 08001403013 , 02129976380
  • SOS : 0217514888, 02175900086
  • Admedika: 02180662207

Terimakasih!!!!!




Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close