Cara mengganti Sandi atau Password Gmail / Akun Google yang Lupa

Google sebagai perusahaan jasa dan internet yang sangat besar, saat ini telah menjadi suatu perusahaan yang banyak kaitannya dengan layanan-layanan internet yang lain.

Sebuah account google atau akun gmail ini, memiliki akses yang sangat luas pada semua layanan yang google berikan seperti email google, google drive, google play, blogger, jasa periklanan google (adsense dan google ads) dan masih banyak lagi.

Selain itu account gmail ini sering kali dikaitkan dengan aplikasi atau layanan lain sebagai sarana untuk log in ke sebuah layanan tersebut.

Dengan mengetahui bahwa account google tersebut memiliki banyak fungsi dengan istilah one for all, satu account untuk semua layanan. Maka, sebuah sandi untuk masuk kedalamnya adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan dari segi keamanannya.

Dalam aturan google, sebuah password / sandi akun google harus minimal terdiri dari 8 karakter yang berisi berisi sebuah kombinasi angka, dan huruf untuk memberikan daya kerumitan, atau daya kekuatan sebuah sandi atau password tersebut, sehingga dapat mencegah terjadinya pembobolan akun tersebut.

Suatu kejadian yang mungkin anda pernah alami, lupa akan password atau sandi tersebut, apa yang anda rasakan? pastilah akan sangat pusing dibuatnya jika anda tidak bisa me reset atau membuat sandi yang baru kembali pada akun google anda tersebut, padahal di dalam akun tersebut memiliki banyak dokumen atau file yang penting.

Ada beberapa hal yang perlu anda cermati dalam membuat akun google ini.
1. Isilah data dengan keadaan sebenarnya.
2. Isilah nomer HP dan email lain yang bisa digunakan untuk recovery kata sandi jika anda lupa akan kata sandi tersebut.

Mengapa demikian, karena data yang anda isikan tersebut akan sangat berguna untuk mengajukan permohonan baik adsense atau yang lainnya.

Selain itu juga data HP dan email tambahan akan sangat membantu sekali dalam proses recovery sandi atau password jika anda suatu ketika lupa akan sandi tersebut.

Pada masa sebelumnya, recovery melalui email bisa dibilang masih mudah, google bisa langsung memberikan verifikasi untuk mengganti sandi.

Tetapi saat ini proses mendapatkan sandi baru melalui email tambahan terasa sangat sulit dan sering terjadi pesan error yang pada intinya google tidak bisa meyakini bahwa email tambahan tersebut adalah milik anda, apa lagi jika data dalam email tersebut berbeda dengan data account yang lupa santi tersebut.

Jadi yang menjadi andalan saat ini dalam mengganti sandi gmail atau account google yang lupa adalah dengan recovery melalui nomer hp yang terdaftar.

Cara mengganti sandi account google yang lupa dengan nomor hp.

1. Syarat utama dari langkah ini, pastikan account google anda sudah memiliki data nomer HP yang masih aktif

2. Masuk link halaman berikut ini Forgot Password 

3. Masukkan nama email yang lupa sandinya tersebut ===> Pilih "Berikutnya"



4. Setelah memasukkan email tadi, anda akan diminta untuk login dengan sandi terakhir yang pernah anda masukkan. Sekarang yang menjadi masalah adalah anda lupa akan sandi tersebut. Jadi anda pilih alternatif lain dengan memlilih "Coba Cara Lain"



5. Selanjutnya google akan memberi alternatif untuk memasukkan nomer hp yang terdaftar.
Setelah memasukkan nomer hp tersebut, pihak google akan mengirimkan Kode verifikasi ke nomer HP yang anda masukan tadi.
===> pilih "Kirim"


6. Silahkan periksa sms yang dikirim dari google tadi, biasanya terdiri dari huruf G dan enam digit angka (G-123456), lalu  masukkan koder verifikasi tersebut.===> Pilih "Berikutnya"




7. Selanjutnya, silahkan buat sandi baru yang mudah di ingat, yang terdiri dari minimal 8 digit, kombinasi dari alphabet dan numerik.

Sandi baru diisikan sebanyak 2 kali, untuk memastikan ketepatan penulisan pada sandi baru tersebut.


8. Terakhir, anda berhasil login pada akun gmail tersebut dengan sandi atau password yang baru.


Demikian lah sebuah cara mengganti sandi akun google, yang sebenarnya sangat mudah, dengan catatan anda harus memiliki data yang lengkap dan benar mengenai biodata anda, khususnya nomer hp yang terdaftar.

Terimakasih, semoga dapat membantu anda sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengganti Sandi atau Password Gmail / Akun Google yang Lupa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close