LRT Palembang, Inilah Cara Naik dan Turun Kereta Cepat Wong Kito

Light Train Transit (LRT) yang dibuat oleh PT INKA ini merupakan sebuat kereta cepat angkutan bagi masyarakat kota modern yang akan memberikan ketepatan waktu dalam sebuah perjalanan.

Kabar gembira, Palembang saat ini telah memiliki kereta tersebut yang merupakan LRT pertama di Indonesia yang diharapkan akan menjadi percontohan bagi proyek LRT selanjutnya di daerah lain.

LRT Palembang

Isu bahwa LRT tersebut buatan luar negeri cina ataupun Jerman, ternyata tidak 100 persen benar. Perlu diketahui LRT Palembang ini merupakan 95% karya anak bangsa, Pengerjaan LRT, bahan baku dan gerbongnya merupakan karya anak bangsa semua, dan yang menggunakan produk luar negeri yaitu hanya mesinnya saja yang di impor dari Jerman.

Selain itu LRT Palembang memiliki kelebihan dibandingan dengan KRL Jabodetabek. Dalam hal ini yang membedakan adalah sebuah alat pengenadali kecepatan yang terdapat pada masing masing kereta. Pada LRT Palembang memiliki sebuah sensor otomatis pengendali kecepatan kereta yaitu automatic train protection yang dapat mengendalikan bila kecepatan kereta yang melebihi ambang batas kecepatan. LRT palembang saat ini memiliki kecepatan maksimal 85 km/Jam. Sedangkan untuk KRL jakarta masih menggunakan sistem manual yaitu dikendalian oleh Masinis kereta tersebut.

LRT Palembang telah di uji coba sejak 23 sampai dengan 31 Juli 2018 dengan tarif tiket gratis bagi TNI, Polri dan PNS, dan mulai per 01 Agustus 2018 secara resmi telah bisa digunakan secara umum dengan tarif yang telah ditetapkan.

Untuk tujuan antar stasiun jarak dekat dikenakan tarif 5.000 rupiah, dan secara khusus untuk penumpang yang naik dan turun melalui stasiun bandara dikenakan tarif khusus yaitu 10.000 rupiah. Mengapa demikian? ini memiliki alasan, biasanya penumpang dengan asal dan tujuan bandara memiliki ability to pay-nya lebih tinggi dibandingkan dengan penumpang jarak dekat / commuter.

Itulah sekilas mengenai profil LRT Palembang yang saat ini bisa menambah semarak Cindonya  kota pempek wong kito tersebut.

Nah, anda ingin mencobanya? Jika anda belum pernah mencobanya, berikut proses atau cara dari anda akan masuk hingga keluar dari kereta cepat / LRT Palembang tersebut.

Langkah pertama# Mendapatkan atau memperoleh Tiket LRT.

Tiket yang digunakan adalah E-Money Card atau Kartu Uang elektronik. 
Bila anda belum mempunyai kartu tersebut, anda bisa mendapatkannya dengan membeli di setiap stasiun LRT yang ada. dan lalu silahkan top up atau isi saldo sesuai kebutuhan anda.  

Langkah Kedua# Masuk & Tapping Kartu yang pertama

Di setiap stasiun sebelum masuk anda harus melakukan Tapping kartu uang elektronik tersebut ke sebuah mesin Tapping atau mesin sensor. yang jelas, pastikan Kartu uang elektronik tersebut memiliki saldo minimal 10.000 rupiah. Untuk Tapping pertama tersebut, saldo anda belum terpotong dikarenakan sistem belum bisa menentukan tarif anda akan berhenti dimana.

Langkah Ketiga# Nikmati perjalanan

Setelah melakukan Tapping dan berhasil, silahkan tunggu kereta berhenti dan masuk, lalu pilih tempat dimana anda akan duduk atau berdiri.
Saat ini Perjalanan dengan rute perjalanan dari Jakabaring menuju bandara SMB II yang memiliki jarak tempuh sekitar 23,4 km dapat memakan waktu sekitar 45 samapi 60 menit.

Langkah Ketiga# Keluar dan Tapping yang kedua

Pastikan anda tidak salah turun stasiun. Repot kalau nanti salah turun stasiun. Setelah LRT berhenti di stasiun yang anda tuju, silahkan anda turun. dan membayar ongkos perjalan tersebut dengan melakukan tapping kartu yang kedua kalinya.
Tempelkan Kartu Uang elektronik tersebut ke mesin sensor/Mesin Tapping tersebut. dan anda boleh keluar. Ditahap ini, saldo kartu anda akan berkurang sesuai dengan stasiun yang dituju. (5.000 atau 10.000)

Selesai. Anda boleh turun stasuin dan melanjutkan perjalanan. Jalan kaki, Motor atau mobil atau Taxi online ataupun ojek online, atau pun melanjutkan penerbangan untuk yang menuju bandara.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "LRT Palembang, Inilah Cara Naik dan Turun Kereta Cepat Wong Kito"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel