4 Cara Mudah Menutup Polis Asuransi Prudential

Berangkat dari pengalaman saya menutup satu buah polis milik saya sendiri dan membantu teman saya dalam membantu proses penutupan polis. Maka saya mencoba membagikan pengalanan tersebut.

Banyak kata orang, menutup asuransi itu susah dan dipersulit, tapi kenyataannya tidak. Caranya cukup mudah, lengkapi syarat serta ajukan form surrender berserta syarat tersebut, tunggu proses selesai.

Memang untuk saat ini cara penutupan polis asuransi prudential atau sering disebut Surrender mengalami perubahan. Sepertinya, saat ini proses penutupan tidak bisa lagi hanya diserahkan kepada pihak agen atau kantor agency masing-masing dan kita terima beres. Pemegang polis diharapkan dapat mengikiti proses penutupan tersebut.

Menutup Polis Asuransi Prudential

Menurut informasi yang saya peroleh, sebelum polis asuransi benar-benar ditutup, Pemegang polis harus diedukasi terlebih dahulu dengan benar dan tepat sasaran oleh tenaga khusus yang berkompeten dan berdedikasi di Prudential. 

Petugas tersebut biasanya diisi oleh seorang Customer Service (Call Center dan Kantor Pusat) serta Petugas Khusus yang ditempatkan di salah satu Agency yang ditunjuk disetiap kota yang disana terdapat beberapa ageny berdiri.

Mengapa terjadi perubahan tersebut? menurut informasi yang saya dapat dari sorang yang berada di prudential, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dari dorongan-dorongan agen nakal yang memprovokasi para nasabahnya untuk menutup asuransi dan berpindah ke perusahaan asuransi lain dengan iming-iming / janji-janji manis kepada nasabah tersebut. 

Selain itu juga, Apabila sorang nasabah memang benar-benar memutuskan keluar dengan alasan tertentu, mereka dapat menerima masukan yang benar dan keluar dengan pemikiran yang positif.

Dengan Ketentuan seperti yang saya ceritakan diatas, ternyata ada 4 cara yang dapat dilakuan untuk menutup Polis Asurasni Prudential tersebut.

1. Melalui Kantor Prudential Yang Ditunjuk di Kota Anda

Tidak semua Kantor Prudential di setiap kota dapat memproses tuntas proses untuk proses Surrender / penebusan polis atau penutupan polis Asuransi ini. 

Untuk memperoleh informasi tersebut anda bisa bertanya langsung ke agen anda atau Kantor prudential dimana agen anda bertugas.

Bila sudah memperoleh informasi dimana kantor layanan tersebut, Anda bisa datang sendiri atau langsung ke kantor tersebut atau akan dibantu kekantor tersebut bersama dengan agen anda yang akan siap membantu.

Disana, sebelum melakukan penutupan polis, anda akan dihadapkan kepada Petugas layanan penutupan polis. 

Anda akan di minta beberapa persyaratan seperti KTP pemegang poli dan Polis yang akan ditutup.

Juga anda akan mendapatkan pengarahan atau saran terakhir dari pertugas prudential yang bertujuan bahwa pilihan anda benar-benar pilihan yang tepat.

Selanjutnya, setelah proses tersebut selesai. Anda akan diminta mengisi Formulir Surrender, dengan Keterangan Dasar Polis (Nama Pemegang Polis dan Nomor Polis) yang sudah terketik oleh petugas langsung kedalam Formulir tersabut. 

Formulir tersebut biasanya akan dikirimkan melalui Email atau Kantor Pos sesuai permintaan Nasabah.

Anda boleh mengisinya saat itu atau diisi dirumah. 

Setelah Formulir diisi, silahkan serahkan Formulir tersebut beserta persyaratan yang lain ke Kantor Prudential tersebut untuk diproses.


2. Melalui Telepon Call Center Customer Service Prudential

Langkah kedua ini terbilang cukup simpel, hanya memerlukan beberapa tahap

Tahap 1# Telpon
Silahkan Telepon Call Center Prudential di Nomer  1500085 pada jam kerja dari Senin – Sabtu: 07.00 – 19.00 WIB (pilih berbicaracustomer relation officer / petugas CS)

Tahap 2# Verifikasi
Anda akan diverifikasi data oleh petugas CS tersebut. Maka, sebelum telpon persiapkan data-data seperti
  • Nomor Polis
  • Nama Lengkap
  • Tanggal Lahir
  • Alamat terdaftar
  • Nomor Handphone terdaftar
atau jika pernah verifikasi sebelumnya pada CS, anda hanya cukup menyebutkan nomor TIN (Telephone Identification Number)

Tahap 3# Pembicaraan Panutupan Polis
Silahkan berbicara kepada CS apa tujuan anda "menutup asuransi", sertakan alasan anda. Juga jangan lupa tanyakan saldo nilai tunai anda yang sudah dicapai.

Tahap 4# Metode Pengiriman Formulir Surrender
Setelah proses pembicaraan selesai dan memastikan bahwa akan menutup polis. 

Maka, silahkan pilih metode pengiriman Formulir Surrender / Penebusan Polis. Biasanya akan diberi 2 pilihan : dikirim melaui Email atau melalui Kantor pos.

Tahap 5# Pengembalian Semua Berkas Ke Prudential Pusat
Setelah Formulir tersebut didapat, silahkan anda isi dengan benar. 

Selanjutnya bersama berkas pendukung yang lain, kirimkan berkas tersebur melalui jasa expedisi seperti JNI, JT, Kantor Pos atau expedisi yang lain ke Kantor Prudential Jakarta dengan Alamat:

"PT Prudential Life Assurance
Prudential Tower
Jl. Jend. Sudirman kav. 79
Jakarta 12910 "

3. Datang Langsung Ke Kantor Pusat Prudential

Untuk datang ke kantor Prudential Pusat Jakarta, anda dapat mengunjunginya pada hari Senin s/d Jumat jam ke "Bagian Customer Care Center".

Kantor Prudential sebenarnya buka sampai hari sabtu, tetapi hari sabtu hanya khusus untuk layanan Pendaftaran PRUaccess, Pembaruan data Pemegang Polis, Perubahan cara bayar premi asuransi.

4. Biarkan Saja Sampai Tutup dengan Sendirinya

Cara ini bisa anda lakukan dengan catatan
# Asuransi Anda memang tidak memiliki "Nilai Tunai"/ Saldo Investasi Nol (0).

# atau Jika anda terkendala dalam membayar premi/ tidak mampu lagi, dan keanggotaan anda sudah lebih dari 2 tahun. Disisi lain, anda masih tetap mengharapkan proteksi sampai polis berakhir tanpa mempedulikan nilai tunai yang ada.

Mengapa Demikian? 

Dalam aturan Prudential, asuransi yang sudah melebihi masa keanggotaan diatas 2 tahun, asuransi akan tetap berjalan walaupun anda tidak membayar premi bulanan, ini dikarenakan anda sudah memasuki masa Cuti premi. 

Jadi Apabila anda tidak membayar premi bulanan sekalipun, biaya Asuransi akan secara otomatis diambilkan atau dipotong dari nilai tunai yang tersisa sampai pada batas akhir yaitu nilai Nol. 

Keuntungan dari Cara terakhir ini, "Anda Hemat Energi dan hemat Biaya"

Tidak perlu urus berkas, mondar mandir ke sana sini. Biaya Pulsa dan Ongkos jalan bisa anda pakai untuk keperluan yang lain. 

Selain itu manfaat asuransi bisa digunakan sampai pada titik akhir masa aktif polis tersebut yaitu sampai 45 hari setelah saldo tunai habis.

Syarat Berkas Penutupan Polis Asuransi Prudential

  • Formulir Penutupan / Penebusan Polis Prudential (Surrender)
  • Buku Polis Asli
  • Foto Copy ID (KTP/SIM/Passport)
  • Foto Copy Halaman Pertama Buku Rekening (nama dan nomor rekening)
  • Tanda Tangan Agen / Nomor Referensi Customer Service

Beberapa Catatan dalam menutup polis atau Penebusan Polis / Surrender

1. Formulir Surrender sekarang tidak bisa lagi di download secara bebas ataupun diambil di kantor agency.

Formulir tersebut dikeluarkan oleh petugas khusus atau Customer service setelah melalui proses pembicaraan antara CS dengan Pemegang polis.

2. Tanyakan Nilai Tunai yang sedang berjalan atau berapa yang akan didapat bila menutup asuransi tersebut.

3. Untuk wilayah di luar Kota, gunakan sistem penutupan ponit 1 dan 2

4. Untuk Wilayah Jabodetabek mungkin akan lebih mudah langsung datang ke kantor pusat Prudential

5. Proses pencairan dana tunai (bila ada) ke rekening nasabah dan proses penutupan tersebut biasanya memakan waktu hingga 7 s/d 14 hari kerja.

Itulah sepenggal pengalaman dan ilmu yang saya dapat, semoga dapat membatu anda sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Cara Mudah Menutup Polis Asuransi Prudential"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close